Breaking News:

Pelanggan Air di Gianyar Berkurang, PDAM Kehilangan Pendapatan Sekitar Rp 1 Miliar per Bulan

Ubud adalah salah satu zona pelanggan yang menyebabkan pendapatan Perumda Tirta Sanjiwani Gianyar berkurang.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: I Putu Darmendra
TRIBUN BALI
Dirut Perumda Tirta Sanjiwani, Made Sastra Kencana (kiri) didampingi Dirum dan Dirtek Perusahaan Tirta Sanjiwani saat menjelaskan kondisi PDAM Gianyar, Kamis 24 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - PDAM Gianyar yang kini bernama Perusda Air Minum Tirta Sanjiwani kehilangan pendapatan Rp 1 miliar per bulan akibat krisis pandemi.

Banyak yang berhenti berlangganan karena tidak mampu membayar. Ada juga pelanggan yang menekan biaya dengan mengubah golongan dari niaga ke golongan rumah tangga.

Penurunan pelanggan tercatat 436 per bulan April 2021 dan 547 per Mei 2021. Di mana total tersebut, saat ini sambungannya telah dicabut atas keinginan pelanggan dengan alasan tidak kuat membayar.

Dirut PDAM Gianyar, Made Sastra Kencana mengatakan setelah memasuki krisis ekonomi, pelanggannya mengalami pengurangan.

"Pelanggan kami berkurang. Banyak yang berhenti karena tidak mampu bayar, ada yang beralih ke saluran alternatif ke sumur," ujarnya, Kamis 24 Juni 2021.

Dengan demikian, pendapatan Tirta Sanjiwani turun rata-rata Rp 1 miliar per bulan. Padahal pihaknya memroyeksi atau merancang pendapatan tahun ini sebesar Rp 7,3 miliar per bulan.

"Tahun 2020 pendapatan masih stabil. Begitu memasuki 2021, pendapatan kami berkurang rata-rata Rp 1 miliar per bulan," ujarnya.

Salah satu zona yang menyebabkan pendapatan Perumda Tirta Sanjiwani berkurang adalah Ubud.

"Pendapatan di Ubud, dari  Rp 1,5 miliar per bulan, menjadi sekitar Rp 1 miliar. Itu karena mereka banyak yang turun golongan, dari niaga ke rumah tangga," ujar Sastra.

Sastra menegaskan, meski pendapatan turun Rp 1 miliar per bulan, namun pihaknya tetap berupaya memenuhi pelayanan. Akan tetapi, ia berharap kondisi ini tidak terjadi hingga Desember 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved