Breaking News:

Ini Tips Hilangkan Maskne, Jerawat Yang Timbul Karena Penggunaan Masker Dalam Waktu Lama

Penggunaan masker dalam waktu lama ternyata dapat menyebabkan masalah kulit pada beberapa orang

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari | Editor: Karsiani Putri
Istimewa
dr. Elita Nur Hidayati selaku Dokter Intership 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Masa pandemi yang tak kunjung usai mengharuskan masyarakat untuk menggunkaan masker setiap hari terutama saat aktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker dapat menurunkan risiko tertular Covid-19 sehingga dapat menurunkan angka kejadian Covid-19.

Penggunaan masker dalam waktu lama ternyata dapat menyebabkan masalah kulit pada beberapa orang.

Hal tersebut dijelaskan oleh, dr. Elita Nur Hidayati selaku dokter Intership di Kota Denpasar, Bali pada Kamis 1 Juli 2021. 

"Masalah yang sering timbul akibat penggunaan masker, yaitu timbulnya jerawat pada area tertutup masker atau yang biasa dikenal dengan sebutan maskne (maks acne, red)," kata dia. 

Lebih lanjutnya Ia mengatakan, dalam Journal of the American Academy of Dermatology, maskne merupakan salah satu jenis acne mekanika yang timbul di area tertutup masker atau 'O zone' minimal 6 minggu setelah penggunaan masker. 

Munculnya jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan microbiome kulit yang dipengaruhi oleh genetik ataupun keadaan eksternal seperti PH, suhu dan lingkungan.

Penggunaan masker dapat menimbulkan gesekan atau tekanan pada kulit yang dapat menggganggu keseimbangan microbiome pada kulit dan menimbulkan jerawat pada area tersebut. 

"Ditambah lagi keadaan over moisturaizing pada area tertutup masker dari uap air yang dihasilkan ketika kita bernafas juga dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri sehingga menyebabkan munculnya jerawat pada area tersebut," paparnya. 

dr. Elita pun turut bagikan beberapa tips yang dapat dilakukan supaya terhindar dari maskne.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved