Breaking News:

Berita Bali

Penumpang Pesawat dari Bali yang Bawa Hasil Tes Swab PCR Diluar 23 Lab Ini Dilarang Terbang

Data dari hasil pemeriksaan swab PCR/antigen tersebut akan masuk dalam data New All Record atau NAR yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana pemeriksaan dokumen kesehatan di pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Mulai hari Senin tanggal 12 Juli 2021 mendatang, Pemerintah (Satgas Covid-19) hanya mengakui hasil tes PCR dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai syarat penerbangan atau perjalanan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan setiap penumpang dalam bepergian serta menekan laju penyebaran virus corona.

Data dari hasil pemeriksaan swab PCR/antigen tersebut akan masuk dalam data New All Record atau NAR yang terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Dan untuk di provinsi Bali terdapat 23 laboratorium telah terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19.

Baca juga: 15 Bandara Angkasa Pura I Alami Tren Penurunan Trafik Penumpang Pada Masa PPKM Darurat

Jika ada calon penumpang keberangkatan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali membawa hasil swab berbasis PCR diluar dari 23 laboratorium yang tercantum tidak dapat melakukan perjalanan dengan pesawat.

Dari 742 laboratorium yang ada pada Surat dari Menkes itu untuk Bali terdapat 23 laboratorium.

"Jika calon penumpang keberangkatan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyertakan hasil tes Covid-19 diluar dari 23 daftar laboratorium itu tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan. Dan kebijakan ini akan mulai diberlakukan tanggal 12 Juli 2021 mendatang," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Sabtu 10 Juli 2021.

Sehingga mulai Senin tanggal 12 Juli 2021 mendatang, calon penumpang pesawat keberangkatan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali diwajibkan membawa hasil tes Covid-19 (PCR/Antigen tergantung daerah yang dituju) dari salah satu laboratorium yang ada pada 23 daftar laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan.

Menyusul adanya hanya hasil tes PCR dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai syarat penerbangan atau perjalanan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada calon penumpang melalui sosial media sejak hari Jumat, 9 Juli 2021 kemarin.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved