Sponsored Content

Dukung UMKM, BRI Adakan Pameran Virtual Lokal Keren Jatim

Acara ini sendiri merupakan sebagai wujud apresiasi kepada seluruh pelaku UMKM yang telah menampilkan hasil karya dan produk terbaiknya

Tribun Bali/Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Kegiatan Lokal Keren Jatim pada, Rabu (4 Agustus 2021) melalui Virtual Press Conference 'BBI Jatim'. 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Guna mendukung UMKM agar selalu berkarya serta menghasilkan produk terbaik dan juga sebagai salah satu campaign mendukung pemerintah dalam kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)

Dengan ini Kementerian BUMN selaku campaign manager berkolaborasi dengan BRI, Jayaboard serta Wingsfood melakukan kegiatan dengan tema Lokal Keren Jatim pada, Rabu 4 Agustus 2021 melalui Virtual Press Conference 'BBI Jatim'.

Acara ini sendiri merupakan sebagai wujud apresiasi kepada seluruh pelaku UMKM yang telah menampilkan hasil karya dan produk terbaiknya.

Adapun beberapa narasumber yang hadir dalam acar tersebut yakni Staf Ahli Keuangan dan Pengembangan UMKM KBUMN Loto Srinaita Ginting, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, PR Wings Food, Oucky Hertanto serta Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani.

Baca juga: Kanwil BRI Denpasar Apresiasi Nasabah, Selenggarakan BRI Customer Day Selama Juli 2021

Sementara itu terkait dukungan terhadap UMKM dari kementerian BUMN bersama dengan para BUMN lainnya sangat dekat dengan UMKM.

Tercatat terdapat dukungan yang dikelompokkan sampai lima area dan sudah dilangsungkan sampai saat ini.

"Lima dukungan itu diantaranya kita melakukan pengembangan UMKM melakukan pelatihan pembinaan dan pendampingan agar UMKM dapat naik kelas.

Kita tahu bahwa saat ini struktur UMKM paling banyak di kelas mikro. Yang mungkin saja banyak sisi keterbatasan.

Untuk itu kita akan dorong agar naik kelas dari kelas mikro ke kecil, dari kecil menengah dan menengah ke kelas besar. Selain itu juga ada dukungan pembiayaan Jaminan maupun juga penyediaan jasa asuransi yang semuanya disediakan oleh BUMN," ungkap, Loto Srinaita Ginting.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto mengatakan bahwa UMKM itu penting, karena UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dan berdasarkan data dari Kementerian UMKM, terdapat lebih dari 60 juta pelaku UMKM yang mana hampir 99% porsinya daripada pelaku usaha dan kontribusinya sangat banyak.

"Jadi ini sangat penting. Untuk BRI porsi UMKM nya minimal 80% Hampir 750 triliun dari porsi kita yang ada di kredit UMKM. Apapun ceritanya UMKM adalah darahnya bagi BRI," kata, Catur.

Sedangkan di dalam konteks Gernas BBI 2021 ini menurut, Catur merupakan momen yang pas, setelah UMKM diselamatkan dan dilakukan pembinaan bersama-sama ada upaya untuk menjembatani menuju ke pasar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved