Breaking News:

Berita Badung

Menko Luhut Ungkap Pariwisata Bali Akan Dibuka Secara Bertahap

Usai meresmikan TPST Samtaku Jimbaran, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan penanganan Covid-19 di Bali sudah membaik

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Menko Marves saat meninjau dan meresmikan TPST Samtaku Jimbaran, Jumat 10 September 2021. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Usai meresmikan TPST Samtaku Jimbaran, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan penanganan Covid-19 di Bali sudah membaik dibandingkan minggu-minggu sebelumnya.

"Penanganan Covid-19 Bali sangat baik, tadi saya bertemu Pak Gubernur, Walikota Denpasar, Kapolda, Pangdam, Dinkes dan lainnya. Kami tadi sudah membicarakan secara integrasi apa yang harus dilakukan," ujar Menko Luhut, Jumat 10 September 2021.

Lebih lanjut, Luhut menyampaikan dari data-data perkembangan kasus Covid-19 di Bali kemarin sudah lebih baik.

"Dari data-data per kemarin, mestinya Minggu depan sudah level 3. Kita berharap jangan terlalu lama (status level 4, red) tapi segera bisa turun level ke level 2. Tapi, disiplin protokol kesehatan masyarakat Bali harus kuat," ungkap Menko Marves Luhut Pandjaitan.

Ia menambahkan setelah Covid-19 terkendali semua, pelan-pelan pariwisata akan dibuka semuanya dengan bertahap tidak bisa langsung semua dibuka.

Baca juga: Mal dan Objek Wisata Dibuka Lagi, Gubernur Koster Minta Masyarakat Untuk Tetap Jaga Prokes

Aplikasi PeduliLindungi menjadi sangat penting dalam hal kontrol pandemi Covid-19 dan saat ini PeduliLindungi sudah mulai di install di mal, tempat wisata, hotel dan lainnya.

"Kita mau Bali ini semua jadi greenzone bukannya hanya Nusa Dua, Sanur dan Ubud saja. Sehingga pada penyelenggaraan G20 nanti Bali itu benar-benar baik (kasus Covid-19nya)," jelas Menko Marves.

Untuk pembukaan pariwisata Bali bagi wisatawan mancanegara terus disiapkan hingga sekarang, dibahas juga dalam pertemuan siang tadi dengan Gubernur Bali.

"Kita lagi siapkan dan sudah kita rapatkan di Jakarta kemarin. Tadi juga sudah saya sampaikan kepada Bapak Gubernur mempersiapkan semuanya. Lalu kapan dibuka? Tergantung negara mana saja nanti yang mau dan bisa, tidak semua negara juga yang bisa. Jadi negara mana saja yang bisa dan kapan kita siap," tegasnya.

Baca juga: Bertemu Gubernur Bali, Menko Luhut : Mestinya Minggu Depan Bali Sudah Level 3

Menurut Menko Marves Luhut pada level 2 nanti akan bisa mulai melakukan pembukaan pariwisata Bali bagi wisatawan mancanegara, dan turis yang datang akan disaring.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved