Breaking News:

Corona di Indonesia

3.830 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran di Mal, Terdeteksi Lewat Aplikasi PeduliLindungi

Sejauh ini hal yang mengejutkan, aplikasi PeduliLindungi mencatatkan adanya pergerakan orang yang positif Covid-19 di sejumlah tempat.

Editor: DionDBPutra
KOMPAS.COM/GALUH PUTRI RIYANTO
Ilustrasi aplikasi PeduliLindungi. Fungsi aplikasi ini adalah mengetahui status Covid-19 seseorang dan vaksinasinya. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah tengah gencar menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai bagian dari protokol kesehatan di masa pelonggaran PPKM. Aplikasi PeduliLindungi kini mulai menjadi syarat masuk mal, pesawat, dan kereta api,

Di antara fungsi aplikasi itu adalah mengetahui status Covid-19 seseorang dan vaksinasinya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, di aplikasi PeduliLindungi status warga yang hasil pemeriksaan terkonfirmasi Covid-19 akan secara otomatis menjadi hitam. Dengan begitu, aktivitas tracing menurutnya lebih mudah dilakukan pemerintah saat ini.

Sejauh ini hal yang mengejutkan, aplikasi PeduliLindungi mencatatkan adanya pergerakan orang yang positif Covid-19 di sejumlah tempat.

Baca juga: The Blooms Garden Batasi Jumlah Pengunjung 1.500 Orang, Obyek Wisata di Tabanan Pakai PeduliLindungi

Baca juga: Mulai 14 September 2021 Masuk Supermarket Wajib Pakai PeduliLindungi, Begini Alurnya

"Sudah ada 29 juta yang melakukan check in dengan PeduliLindungi. Suprisingly, tetap ada ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam, artinya positif Covid-19 tapi masih jalan-jalan," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin 13 September 2021.

Di antaranya ada 3 ribu yang masuk mal, 43 orang masih ke bandara, 63 orang naik kereta, dan 55 orang masuk restoran.

Budi menyayangkan temuan itu, sebab seharusnya mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 sudah seharusnya menjalani isolasi mandiri baik di tempat isolasi terpusat maupun rumah masing-masing.

Namun di sisi lain Budi menyebut temuan itu menjadi bukti bahwa aplikasi PeduliLindungi yang saat ini telah dipakai 29 juta pengguna mampu membantu dalam pencegahan penularan kasus covid-19 secara masif.

"PeduliLindungi ini juga bisa sebagai fungsi tracing. Begitu mereka check in, kita tahu mereka ada di mana, jam berapa. Kalau positif kita bisa cepat melakukan tracing, siapa saja yang ada di jam itu di lokasi itu," kata dia.

Perihal status warna dalam aplikasi PeduliLindungi, dilansir dari laman Covid19.go.id, warna merah digunakan untuk menandai bahwa warga akan dilarang masuk pusat perbelanjaan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved