Breaking News:

Berita Bali

Sejumlah Tempat Wisata di Bali Buka, Menparekraf Ingatkan Para Pelaku Ekraf untuk Menahan Diri 

sejak 5 hari lalu, pusat perbelanjaan atau mall dan tempat wisata diperbolehkan buka untuk ujicoba dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
tangkap layar/Zaenal Nur Arifin
Tangkap layar Weekly Press Briefing bersama Menparekraf yang digelar secara daring, Senin 13 September 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM - Level PPKM di Provinsi Bali, masih di level 4 atau turun menjadi level 3 akan ditetapkan pemerintah malam nanti.

Namun sejak 5 hari lalu, pusat perbelanjaan atau mall dan tempat wisata diperbolehkan buka untuk ujicoba dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan ketat.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, hal tersebut menjadi keputusan pemerintah daerah.

Baca juga: Menparekraf Dorong Pengembangan Wisata Kesehatan di Sejumlah Wilayah Indonesia, Termasuk Bali

“Pembukaan fasilitas umum maupun tempat wisata, keputusannya ada di pemerintah kabupaten, pemerintah daerah, tentunya berkordinasi dengan satgas COVID-19 dan berbagai pihak."

"Namun, jika daerah tersebut sudah mencapai level PPKM satu sampai tiga, baru bisa dilakukan uji coba untuk membuka tempat wisata secara terbatas,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta dalam Weekly Press Briefing, Senin 13 September 2021.

Kami pemerintah pusat mengingatkan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menahan diri. 

Baca juga: Angin Segar Dunia Pariwisata Tabanan, The Blooms Garden Dikunjungi 133 Wisatawan di Hari Pertama

Dalam aturan yang ada, seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif, termasuk fasilitas umum di wilayah PPKM Level Level 4 masih ditutup.

"Pemerintah pusat mengarahkan untuk dimaksudkan untuk meminimalisir penularan Covid-19 di tempat wisata. Sebab, pemulihan sektor parekraf sejalan dengan suksesnya penanganan Covid-19," kata Sandiaga Uno.

Melihat angka kunjungan wisatawan domestik ke Pulau Bali dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan, Menparekraf Sandiaga Uno menilai itu pertanda baik.

Baca juga: Walau Pariwisata Sudah Dibuka Kembali, Objek Wisata Baluk Rening Jembrana Masih Sepi Pengunjung

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved