Breaking News:

Berita Denpasar

Lanal Denpasar Gelar Latihan Menembak, Danlanal : Naluri Tempur Prajurit Harus Diasah

Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V melaksanakan latihan menembak pistol dan laras panjang

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Pen Lanal Denpasar
Latihan menembak prajurit Lanal Denpasar di di Lapangan Tembak Perbakin, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Denpasar, Bali - Lanal Denpasar Gelar Latihan Menembak, Danlanal : Naluri Tempur Prajurit Harus Diasah 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwongeoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V melaksanakan latihan menembak pistol dan laras panjang, di Lapangan Tembak Perbakin, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Denpasar, Bali.

Latihan menembak yang dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., mulai Senin 13 September 2021 hingga 16 September 2021 ini untuk meningkatkan profesionalisme dan mengasah naluri tempur.

Latihan berlangsung 4 hari, untuk seluruh Perwira Staf dan prajurit Lanal Denpasar dan selaku instruktur menembak Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) I Ketut Pastika dan dilaksanakan secara bergilir untuk giat latihan menembak.

Sebelum dilaksanakan latihan menembak, sesuai prosedur dilaksanakan pengarahan oleh pelatih terkait bagaimana cara pengamanan dalam penggunaan senjata, diwajibkan bagi seluruh penembak agar mematuhi semua instruksi dari pelatih guna meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Tentara Amerika & Yonif Mekanis 741/GN Jembrana Latihan Teknik Menembak dan Pertempuran Jarak Dekat

Danlanal Denpasar menuturkan, keterampilan menembak adalah salah satu sarana membentuk disiplin pribadi, di mana setiap penembak harus disiplin terhadap pegangan pistol, disiplin terhadap posisi tubuh, terhadap fokus mata pada pisir pejera, dan hingga disiplin terhadap pengaturan nafas.

"Dari sini akan mendorong penembak untuk menjadi pribadi yang konsisten agar menghasilan karya sesuai sasaran dan ini mutlak bagi personel militer, dengan mengenal dan mampu menggunakan senjata organik dengan baik, itu artinya secara umum prajurit tidak canggung serta dapat memahami dengan baik dan benar prosedur penggunaan senjata organik," terang Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana dalam keterangan kepada Tribun Bali, Rabu 15 September 2021.

Danlanal Denpasar menegaskan, bahwa latihan menembak bukan hanya sekedar melaksanakan latihan rutin semata, namun setiap personel harus mampu meningkatkan keterampilan menembak.

Dalam latihan tersebut setiap personil diberi kesempatan untuk menembak dengan 30 butir peluru dengan jarak tembak 200 meter untuk laras panjang dan 25 meter dan 50 meter memakai pistol, dengan 5 butir peluru untuk sasaran percobaan dan 20 peluru penilaian, dengan menggunakan sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan menggunakan senjata laras panjang organik SS2 V1 dan pistol G2 Combat.

"Salah satu profesionalitas yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata, serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan tugas operasi yang dibebankan oleh Negara kepada setiap prajurit TNI AL, terutama dihadapkan dengan padatnya kegiatan pengamanan VVIP/VIP yang diselenggarakan di wilayah kerja Lanal Denpasar khususnya dan Bali pada umumnya," paparnya. (*).

Baca juga: Tentara AS dan Prajurit Yonmek 741/GN Latma Teknik Menembak dan Pertempuran Jarak Dekat di Jembrana

Kumpulan Artikel Denpasar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved