Breaking News:

Tips Kesehatan

Tips Hindari Gagal Ginjal Sesuai dengan Indikasi Penyakit Bawaan

Tips nya satu kita harus hidup sehat, secara umum hidup sehat itu kan berolahraga, tidak merokok, kemudian jaga berat badan, istirahat yang cukup,

Kolase
Ilustrasi sakit ginjal - Tips Hindari Gagal Ginjal Sesuai dengan Indikasi Penyakit Bawaan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kebanyakan penyakitan gagal ginjal disebabkan oleh tiga penyakit utama yakni, hipertensi, kencing manis, dan radang ginjal.

Prof. DR. dr. I Gde Raka Widiana SpPD, KGH, selaku Kepala Divisi Ginjal Hipertensi Departemen Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Udayana atau RSUP Sanglah Denpasar berikan tips bagaimana menghindari penyakit gagal ginjal jika dilihat dari penyakit awalnya.

"Tips nya satu kita harus hidup sehat, secara umum hidup sehat itu kan berolahraga, tidak merokok, kemudian jaga berat badan, istirahat yang cukup, kemudian rekreasi agar tidak stres.

Secara umum ya seperti germas. Jangan banyak kalori, garam, kolesterol itu dihindari lah.

Baca juga: Berapa Persen Harapan Hidup Pasien Gagal Ginjal Usai Transplantasi dan Cuci Darah? Ini Penjelasannya

Karena penyakit ginjal cenderung terjadi pada kesehatan yang buruk, atau pola hidup yang tidak sehat," katanya pada, Rabu (22 September 2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya juga harus diperiksa faktor risiko, seperti gula darah yang tinggi itu harus segera diobati sedini mungkin.

Juga untuk tekanan darah harus sesering mungkin melakukan pengecekan.

"Kemudian melihat kencingnya biasanya skrining nya di kencing apakah ada protein atau darah, kadang kencing nya gak ada darah atau ada darah sedikit yang tidak terlihat.

Tergantung ya penyebabnya kalau kencing manis potensi lebih banyak laki-laki dan lupus itu lebih banyak wanita. Ada penyakit ginjal bawaan dari ibu hamil itu tergantung," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved