Breaking News:

Berita Denpasar

Pangdam IX/Udayana Maknai HUT ke-76 TNI dengan Peran Aktif ke Masyarakat, Gelar Baksos Donor Darah

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak selaku pucuk pimpinan tertinggi TNI di wilayah Kodam IX/Udayana memaknai Hari Ulang Tahun ke-76 Tenta

Istimewa
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat menghadiri kegiatan donor darah di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Bali, pada Rabu 22 September 2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak selaku pucuk pimpinan tertinggi TNI di wilayah Kodam IX/Udayana memaknai Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia ( TNI) dengan meningkatkan peran kepada masyarakat.

Sebagaimana disampaikan Mayjen TNI Maruli saat menghadiri kegiatan bakti sosial donor darah HUT ke-76 TNI di Aula Makorem 163/Wira Satya, Denpasar, Bali, pada Rabu 22 September 2021. 

"Memaknai HUT ke-76 TNI kami lebih meningkatkan peranan untuk membantu masyarakat. Selama ini juga dibuktikan peranan mengatasi COVID-19 bersama dengan Polri, Pemerintah dan unsur lainnya hingga Indonesia dinyatakan sebagai salah satu negara yang mampu mengatasi COVID-19," kata Pangdam IX/Udayana dijumpai di sela kegiatan.

Peran itu juga dibuktikan dalam kegiatan bakti sosial donor darah dengan mengumpulkan 310 kantong darah di Bali yang diikuti anggota TNI, PNS hingga persatuan istri tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah IX/Udayana yang diketuai oleh Ny. Uli Simanjuntak

Momen Pangdam IX/Udayana Bersama Istri ke Pulau Terluar NKRI, Cek Sarpras dan Beri Logistik

"Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat," katanya.

Mayjen TNI Maruli menyampaikan, bahwa dalam momentum HUT ke-76 TNI pihaknya juga berfokus pada pemenuhan ketersediaan air bersih melalui pembangunan Pompa Hidram, program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), hingga perbaikan tempat-tempat ibadah.

"Dalam momentum HUT TNI ini kita sedang membuat pilot project untuk mengairi pertanian dengan menggunakan pompa hidram. Kegiatan-kegiatan sosial lain yang sudah dikerjakan dan dideclare pada momentum HUT ke-76 TNI yang menonjol kegiatannya," paparnya. 

Pangdam IX/Udayana menuturkan bahwa pembangunan pompa hidram di Bali sempat terkendala dengan meningkatnya debit air sungai.

"Air sungai meninggi sempat menjadi kendala pengerjaan pompa hidram karena tidak ada akses pipa melewati sungai, beberapa hari sempat terhenti, menunggu air surut, progressnya sudah di atas 90 persen di Tangguntiti, Tabanan," tuturnya.

Baca juga: PROFIL Mayjen TNI Agus Subiyanto, Sosok Pangdam Siliwangi yang Baru Dilantik Jenderal Andika Perkasa

Pada kesempatan yang sama, Kakesdam IX/Udayana, Kolonel Ckm dr. I Made Mardika merincikan 310 kantong darah yang berhasil terkumpul dalam Baksos Donor Darah HUT ke-76 TNI.

"HUT ke-76 TNI, instruksi Mabes TNI agar sebelum tanggal 25 September sudah dilakukan aksi donor darah secara serempak, di Bali ini diikuti, Ibu Persit 100 orang serta anggota TNI dan PNS 210 orang," paparnya.

Disinggung terkait kegiatan donor darah massal di masa PPKM Level 3 ini, Kakesdam IX/Udayana menegaskan, bahwa protokol kesehatan secara ketat diterapkan kepada seluruh peserta.

"PPKM Level 3 kami menjaga prokes sebelum dilaksanakan donor darah, dilakukan swab dan protokol kesehatan harus benar-benar ditegakkan," ucapnya. (*)

Ikuti berita terkini Tribun Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved