Breaking News:

Berita Bali

Terkait Rencana Pembukaan Pariwisata Bali pada Oktober, Menparekraf Sandiaga: Bali Is Ready

Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan 10 sertifikat CHSE tahun 2021 kepada perwakilan pelaku pariwisata di Bali.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menparekraf saat menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengakhiri kunjungan kerjanya dua hari di Bali pada, Sabtu (25 September 2021) malam.

Sebelum kembali ke Jakarta, Menparekraf Sandiaga Uno menyerahkan 10 sertifikat CHSE tahun 2021 kepada perwakilan pelaku pariwisata di Bali.

Selama dua hari dalam kunjungan kerjanya, Sandiaga mendapatkan sejumlah catatan.

"Pertama saya lihat kesiapan daripada industri sudah semakin baik, kepatuhan dari masyarakat terhadap protokol kesehatan juga meningkat. Kondisi Covid-19 terkendali astungkara," ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Avani Seminyak Bali Resort.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Subsektor Seni Pertunjukan Jadi Andalan di Gianyar Bali

"Dan ini yang membuat kita makin optimis, minggu depan saat rapat koordinasi tingkat menteri bisa memberikan masukan-masukan agar pembukaan Bali kembali ini kita ujicobakan di bulan Oktober," sambungnya.

“Kedua, kita ingin Bali ada program up scaling dan re scaling agar pelaku-pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif disini memiliki satu komitmen serta pengetahuan untuk melakukan kegiatan pariwisata dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian),” imbuhnya

Lalu kepatuhan terhadap protokol kesehatan selalu ada yang mengingatkan, mungkin juga mengintegrasikan pecalang ke dalam monitoring dan evaluasi daripada CHSE ini.

"Jadi Bali Is Ready. Kita akan diskusikan, kita akan evaluasikan minggu depan dan mudah-mudahan jika semua keadaan (Covid-19) kondusif kalau tidak ada aral melintang kita ujicobakan di bulan depan," tegasnya.

Ia menambahkan Bali akan diajukan sebagai pulau (open border semua tidak di tiga green zone), tapi tentunya jika keadaan belum memungkinkan maka dikonsepkan tiga green zone (Sanur, Ubud, Nusa Dua) itu yang akan dipersiapkan secara matang penuh kehati-hatian dan kewaspadaan.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno dihari pertama kunjungannya pada Jumat (24/9/2021) kemarin melakukan rapat rencana persiapan pembukaan Bali di Poltekpar dilanjutkan dengan mengunjungi sejumlah tempat.

Diantaranya seperti Desa Wisata Tenganan Pegringsingan Karangasem, Tuksedo Studio sebagai salah satu pusat produksi berbagai kendaraan klasik di Indonesia, lalu hari ini mengisi kegiatan Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif Gianyar.

Kemudian dilanjutkan mengunjungi desa wisata Carangsari Badung, menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 Bali dan memberikan sertifikat CHSE kepada 10 pelaku pariwisata Bali.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved