Breaking News:

Berita Buleleng

Tunjangan Kinerja PNS di Lingkup Pemkab Buleleng Dipotong 20 Persen, Tidak Berlaku untuk Guru

Pemkab Buleleng bersama DPRD Buleleng kini juga sepakat untuk memotong tunjangan kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Buleleng.

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Sekda Buleleng, Gede Suyasa 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Setelah sepakat memotong gaji tenaga kontrak sebesar 10 persen selama tiga bulan, Pemkab Buleleng bersama DPRD Buleleng kini juga sepakat untuk memotong tunjangan kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Buleleng.

Pemotongan dilakukan sebesar 20 persen selama tiga bulan, terhitung mulai Oktober, November dan Desember. 

Kesepakatan ini diperoleh saat penandatanganan persetujuan bersama antara Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana dan DPRD Buleleng, atas KUPA dan PPAS Perubahan APBD tahun anggaran 2021, Senin 27 September 2021. 

Penandatanganan dilakukan di ruang sidang utama DPRD Buleleng

Sekda Buleleng juga sebagai Ketua TAPD Buleleng, Gede Suyasa mengatakan, pemotongan ini dilakukan mengingat APBD Buleleng tahun ini defisit sebesar Rp29 Miliar. 

Pemotongan ini tidak berlaku bagi guru kontrak maupun Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Mengingat sumber dana TPG bersumber dari DAK Non Fisik, sehingga tidak terpengaruh. 

"Guru kontrak juga tidak dipotong karena mereka bekerja dihitung per jam. Dimana per jam itu dapat Rp60 ribu. Jadi, gajinya tidak sama. Beda dengan  tenaga kontrak administrasi dan TU, gaji yang diterima setiap bulan sama. Bupati juga memberikan kebijakan agar pemotongan tidak menyentuh guru," jelasnya. 

Selain memotong gaji tenaga kontrak dan tunjangan kinerja PNS, untuk menutupi kekurangan anggaran, pihaknya juga akan menyisir kembali peserta penerima bantuan iuran jaminan kesehatan.

Peserta yang tidak pantas untuk ditanggung karena pindah, meninggal dunia, dan sudah memiliki kemampuan untuk menjadi peserta mandiri akan dihapus oleh Dinas Sosial Buleleng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved