Breaking News:

Berita Tabanan

Cegah Stunting, 30 Desa di Tabanan Dapat Bantuan HID MAMA, Air Bersih dan Aman Dikonsumsi

Sebanyak 30 Desa di Kabupaten Tabanan mendapat kucuran anggaran untuk program Hibah Insentif Desa Menuju Air Minum Aman (HID MAMA) tahun ini.

Thinkstockphotos via KOMPAS.com
Ilustrasi air minum dalam botol 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Sebanyak 30 Desa di Kabupaten Tabanan mendapat kucuran anggaran untuk program Hibah Insentif Desa Menuju Air Minum Aman (HID MAMA) tahun ini.

Desa yang mendapat bantuan program ini adalah mereka yang sudah sukses dalam pengelolaan dan perawatan Pamsimas selama ini.

Tujuan dari HID Mama ini adalah untuk mencegah terjadinya kasus stunting yakni dengan menyediakan air minum yang aman dikonsumsi. 

Menurut Kepala Bidang Permukiman PUPRPKP Tabanan, I Gusti Agung Gede Krisna Kamasan, program HID Mama ini merupakan program turunan dari Pamsimas sebelumnya.

Baca juga: Seleksi Terbuka Jabatan Eselon II Pemkab Tabanan, 11 Perserta Ikuti Seleksi Wawancara Besok

Sebab, Tabanan juga menjadi salah satu kabupaten penerima bantuan ini karena dirasa sukses mengelola Pamsimas.

Tujuan utama dari bantuan sarana menuju air minum aman ini adalah mencegah kasus stunting.

Dalam artian di desa tersebut nantinya tidak hanya tersedia air, namun menjamin air gang bersih, aman dan layak dikonsumsi. 

"Dari 133 Desa yang ada, 30 Desa di Tababan sudah mendapatkan bantuan ini. Tentunya kami sangat bersyukur Kabupaten Tabanan menjadi salah satu penerimanya," ungkap Krisna Kamasan. 

Baca juga: PTM Hari Pertama Tabanan, Satgas Covid-19 Wanti-Wanti Jangan Sampai Timbulkan Klaster Baru

Dia menjelaskan, banyak kriteria yang garus dipenuhi jika ingin mendapatkan bantuan sarana air minum bersih dan layak konsumsi ini.

Seperti, desa tersebut harus sudah dinyatakan mampu mengelola dan merawat secara berkelanjutan keberadaan Pamsimas itu sendiri.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved