Breaking News:

Berita Badung

Bandara Ngurah Rai Siapkan Tes PCR di Dalam, Penumpang Hanya Menunggu 1 Jam Hasil Sudah Keluar

Imigrasi dan Bea Cukai juga sudah siap untuk melayani penumpang penerbangan internasional di terminal kedatangan.

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Suasana terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjelang pembukaan kembali penerbangan komersial internasional, Selasa (5/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Menanggapi rencana pada 14 Oktober 2021 mendatang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali kembali dibuka melayani penerbangan komersial internasional, Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola langsung mematangkan persiapan.

"Sambil menunggu regulasi kami tentu sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang memang harus disiapkan. Lebih kepada protokol kesehatannya kepada para penumpang," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira saat ditemui tribunbali.com, Selasa 5 Oktober 2021.

Misalnya seperti ketika penumpang itu landing apa yang harus dilakukan pertama kali, pertama kami mempersiapkan thermal scanner di kedatangan.

Kedua kami menyiapkan sebanyak 28 komputer, nantinya akan digunakan penumpang untuk dinyatakan bahwa jumlah penumpang yang datang dan jumlah penumpang yang masuk kedalam hotel itu jumlahnya sama.

Baca juga: 4 Aturan PPKM Jawa-Bali 5-18 Oktober, Penerbangan Internasional di Bandara Ngurah Rai Dibuka

Baca juga: Penerbangan Internasional Dibuka 14 Oktober, Bandara Ngurah Rai Siapkan Bilik Tes PCR untuk Wisman

"Ketiga kami menyiapkan tempat bagi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan melakukan pemeriksaan penumpang, kemudian kami juga sudah menyiapkan bilik PCR sebanyak 20 dengan 10 alat tes PCR," jelas Taufan.

Lalu dari Imigrasi dan Bea Cukai juga sudah siap untuk melayani penumpang penerbangan internasional di terminal kedatangan, selesai tes PCR penumpang akan ditempatkan pada holding area.

"Menunggu hasil PCR keluar kita siapkan holding area, ketika hasilnya negatif mereka melakukan istilahnya cek out dari sebelumnya cek in di komputer sebelumnya. Kemudian mereka akan ditempatkan pada area isolasi sambil menunggu mobil jemputan ke hotel," tambahnya.

Untuk sisi dari keberangkatan internasional juga sama sistemnya, tetapi kembali ke regulasi negara tujuannya apa saja dokumen-dokumen kesehatan yang perlu disiapkan.

Untuk fasilitas layanan tes PCR di dalam terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, pihak Angkasa Pura I (Persero) bekerjasama dengan RS Bali Jimbaran namun besaran tarifnya belum ditentukan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved