Breaking News:

Berita Klungkung

Pantau Balapan Liar dan Aksi Kriminal, Diskominfo Klungkung Berencana Pasang CCTV Tambahan

Aksi kriminalitas dan kenakalan remaja yang marak terjadi membuat Diskominfo Klungkung berencana menambah pemasangan CCTV

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Karsiani Putri
Eka Mita Suputra
Kadiskominfo I Wayan Parna Klungkung ketika membuka realtime rekaman CCTV di Nusa Penida. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Aksi kriminalitas dan kenakalan remaja yang marak terjadi membuat Diskominfo Klungkung berencana menambah pemasangan CCTV atau kamera pengawas di sejumlah ruas jalan di Klungkung.

Beberapa ruas jalan yang menjadi prioritas untuk dipasang kamera pengawas, diantaranya di seputaran By Pass Ida Bagus Mantra di wilayah simpang Watu Klotok, dan Tegal Besar, Desa Negari.

Ini dilakukan lantaran pada ruas jalan itu sering menjadi lokasi balapan liar dan aksi kriminalitas yang meresahkan warga.

"Ruas jalan itu marak dimanfaatkan untuk balapan liar, beberapa kasus pencurian juga pernah terjadi di sekitar ruas jalan itu. Karena minimnya petunjuk salah satunya dari rekaman kamera pengawas, pihak berwajib mengalami kesulitan untuk memecahkan kasus tersebut," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Klungkung, I Wayan Parna, Rabu 6 Oktober 2021. 

Dirinya juga mengatakan, rencana pemasangan kamera pengawas di sejumlah ruas jalan raya ini juga atas masukan petugas kepolisian.

Selain untuk pengamanan pengguna jalan, petugas kepolisian sangat membutuhkan rekaman CCTV untuk memecahkan suatu kasus tindak kriminal. 

"Iya, sering kali untuk memecahkan suatu kasus kepolisian berkoordiansi dengan kami untuk mencari rekaman CCTV," jelasnya.

Berdasarkan perencanaan awal, penambahan pemasangan kamera pengawas atau CCTV akan dipasang di 18 ruas jalan raya di Klungkung, termasuk di Kecamatan Nusa Penida. 

Selain pemasangan di ruas jalan, rencanya CCTV juga dipasang di 9 objek wisata atau lokasi publik di Klungkung, seperti misalnya di Pantai Atuh, Pantai Penida, Pantai Klingking, dan Devil Tears di Lembongan.

Baca juga: Polres Klungkung Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua di Tiga Lokasi

Baca juga: Lebih Dari 20 Anak di Klungkung Kehilangan Orangtua Akibat Pandemi Covid-19

Baca juga: WhatsApp dkk Error, Kekayaan Mark Zuckerberg Anjlok Rp 85,6 Triliun, Saham Facebook Anjlok 4,9%

"CCTV di objek wisata ini nanti sistemnya online, jadi tujuannya untuk promosi pariwisata," ungkap Parna. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved