Breaking News:

Berita Denpasar

Digadang-gadang Sebagai Palebon Termegah Kedua Setelah Ubud, Ini Tanggapan Gusde Sidarta

Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, Sanur, Denpasar digadang-gadang sebagai palebon termegah kedua di Bali setelah P

Penulis: Putu Supartika | Editor: Karsiani Putri
Tribun Bali/Rizal Fanany
Puncak palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat, 8 Oktober 2021, digunakan bade setinggi 16 meter. Masyarakat tumpah-ruah ke jalan. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Palebon Ida Pedanda Nabe Gede Dwija Ngenjung dari Griya Gede Keniten, Sanur, Denpasar digadang-gadang sebagai palebon termegah kedua di Bali setelah Puri Ubud.

Dimana puncak palebon ini digelar pada Jumat, 8 Oktober 2021.

Dalam prosesnya, menggunakan padmasana atau bade setinggi 10 meter serta lembu setinggi 10 meter.

Dan lembu yang digunakan ini merupakan pemberian dari Puri Ubud sebagai bentuk upaya untuk mempertegas sejarah hubungan antara Puri Ubud dengan Griya Jro Gede dan Griya Gede Keniten Sanur.

Disebut sebagai palebon termegah kedua setelah Puri Ubud, Ida Bagus Gede Agung Sidharta Putra yang merupakan salah satu putra Ida Pedanda menyebut ini adalah bentuk bakti anak-anaknya kepada orang tua.

“Ini adalah bakti kita mempunya tokoh dan orang tua seperti beliau. Semua itu adalah milik beliau sehingga kami haturkan balik kepada beliau,” kata Ketua PHRI Denpasar ini.

Ia menambahkan, selain wujud bakti kepada orang tua, palebon ini juga digelar dengan penuh keikhlasan.

Sekaligus juga menghaturkan yang terbaik kepada orang tuanya untuk yang terakhir.

“Melihat antusias masyarakat dan semeton griya kami sangat bangga sekali. Ini menandakan ketokohan beliau yang sangat dihormati. Ini atas dasar ngayah dan tidak dibayar. Apalagi karakter beliau sederhana dan berwibawa,” katanya.

Untuk proses palebon ini sudah berlangsung sejak tanggal 12 September 2021 lalu, yakni upacara malelet.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved