Breaking News:

Berita Bali

Kunjungan ke Bali, Menteri Nadiem Beri Masukan ke Instansi Vokasi, Harapkan Semua Sekolah Gelar PTM

Nadiem Anwar Makarim, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali, Kamis 7 Oktober 2021.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat melihat-lihat karya yang dihasilkan peserta didik vokasi Politeknik Negeri Bali - Kunjungan ke Bali, Menteri Nadiem Beri Masukan ke Instansi Vokasi, Harapkan Semua Sekolah Gelar PTM 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali, Kamis 7 Oktober 2021.

Nadiem menyebutkan, secara nasional persentase sekolah di Indonesia yang telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) baru sekitar 50 persen.

Nadiem meninjau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di SMPN 1 Kuta Selatan dan melihat langsung penerapan protokol kesehatan dan mengevaluasinya serta melihat proses Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Kemudian meninjau ke Politeknik Negeri Bali (PNB).

Baca juga: Pemantauan PTM Terbatas Terus Dilakukan Unit Samapta Polsek Abiansemal

Dia melihat hasil karya anak-anak dari sekolah vokasi seperti perguruan tinggi PNB serta sejumlah SMK dan juga berdiskusi dengan sejumlah perwakilan stakeholder pendidikan provinsi Bali.

"Satu hal saya sangat senang melihat proses ANBK mulus dan juga sangat senang melihat bahwa walaupun sekarang ekonomi Bali masih terpukul karena pandemi, tapi saya rasa dengan adanya pembukaan (pariwisata bagi Wisman) nanti pariwisata Bali mengalami kebangkitan yang luar biasa," ujar Nadiem.

Kebangkitan ini diharapkan menjadi puncak kejayaan baru untuk pariwisata Bali dan itulah kenapa vokasi, terutama vokasi pariwisata di Bali harus menjadi salah satu fokus kita bersama.

Dia mengaku senang melihat mitra-mitra industri yang bergabung sangat semangat memberikan, bukan hanya bantuan dari kurikulum, tapi juga bantuan praktisi yang bisa mengajar dan kesempatan untuk merdeka belajar di dalam industri juga.

"Saya tadi memberikan dua masukan kepada instansi-instansi vokasi yang pertama adalah jangan lupa mengasah kompetensi kepemimpinan di dalam masing-masing murid SMK kita dan mahasiswa politeknik kita," kata Nadiem.

Menurutnya, kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan itu luar biasa pentingnya di dalam industri maupun di dalam wira usaha.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved