Breaking News:

Tips Kesehatan

Pernah Dengar Butterfly Hug? Salah Satu Cara Redakan Kecemasan dengan Peluk Diri Sendiri

Kecemasan dan kepanikan bisa diatasi oleh banyak metode. Salah satunya adalah dengan metode memeluk diri sendiri atau terapi butterfly hug.

Freepik.com/freepik
ilustrasi wanita sedang melakukan butterfly hug 

TRIBUN-BALI.COM - Pandemi membawa dampak psikologis ke banyak orang. Berbagai perasaan negatif seperti ketakutan, kecemasan, dan kepanikan mewarnai dua tahun terakhir masa pandemi Covid-19 ini.

Terlebih bagi mereka yang sudah mengidap anxiety, pandemi bisa membangunkan singa yang mungkin sedang terlelap.

Kecemasan dan kepanikan yang dulu sudah bisa teratasi, besar kemungkinan muncul lagi dipicu oleh masa-masa sulit selama penyebaran Covid-19.

Kecemasan dan kepanikan bisa diatasi oleh banyak metode. Salah satunya adalah dengan metode memeluk diri sendiri atau terapi butterfly hug.

Baca juga: Kenapa Kecemasan Bisa Menganggu Kondisi Fisik dan Mental, Simak Penjelasannya

Buterrfly hug adalah metode penanganan kecemasan dan kepanikan yang diterapkan oleh Lucina Artigas dan Ignacio Jarero.

Metode ini diciptakan untuk membantu korban bencana alam besar yang terjadi di Acapulco, Meksiko, di tahun 1998. 

Manfaat butterfly hug

Menurut Ratna Yunita Setiyani Subardjo, M. Psi, teknik pelukan terhadap diri sendiri ini sebagai bentuk stimulasi mandiri dalam menenangkan diri dari segala perasaan negatif seperti cemas, sedih, takut dan perasaan tak nyaman lainnya.

Karena teknik ini berhasil digunakan untuk membuat perasaan dan mood seseorang menjadi lebih baik, butterfly hug pun dikembangkan menjadi praktik standar oleh psikolog, terapis juga dokter untuk mengatasi kecemasan pada para pasiennya.

Baca juga: Jika Mengalami 7 Tanda Ini Berarti Kamu Memiliki Gangguan Kecemasan

"Butterfly hug  terbukti mengatasi kecemasan penderita PTSD atau pengidap stres pasca trauma. Pelukan ini juga terbukti membantu anak-anak dalam meredam kecemasan atau ketakutannya," ujar dosen UNISA Yogyakarta ini kepada Kompas.com, Kamis (26/08/2021) petang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved