Breaking News:

Berita Bali

BASAbali Wiki Luncurkan Buku Kisah Kepahlawanan Perempuan Bali Berjudul Monster Virus Menyerang Desa

BASAbali Wiki meluncurkan kisah terbaru Luh Ayu Manik Mas yang berjudul Monster Virus Ngrejek Desa/Monster Virus Menyerang Desa/A Monster Virus Attack

Penulis: Putu Supartika | Editor: Noviana Windri
Tim BASAbali Wiki
Peluncuran kisah terbaru Luh Ayu Manik Mas yang berjudul Monster Virus Ngrejek Desa/Monster Virus Menyerang Desa/A Monster Virus Attacks the Village saat Ubud Writers and Readers Festival 2021 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - “Di tengah hiruk pikuk acara magibung, warga mencium bau menyengat dari asap beracun yang dikeluarkan Kala Tangi.

Warga desa menghirup asap itu, sehingga warga semua pingsan begitu juga Luh Ayu Manik Mas,” demikian cuplikan cerita Luh Ayu Manik Mas dalam seri terbarunya.

Kali ini BASAbali Wiki meluncurkan kisah terbaru Luh Ayu Manik Mas yang berjudul Monster Virus Ngrejek Desa/Monster Virus Menyerang Desa/A Monster Virus Attacks the Village.  

Peluncuran kisah terbaru Luh Ayu Manik Mas mengambil media wayang kulit, mengingat wayang kulit merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang dapat menghibur sekaligus mengedukasi.

Acara peluncuran digelar Ubud Writers and Readers Festival 2021 pada 17 Oktober 2021 di Restoran Indus, Ubud, Bali.

Baca juga: BASAbali Wiki Luncurkan Buku Kisah Heroik Luh Ayu Manik Mas Seri ke-7 Serangkain Gelaran UWRF 2021

Baca juga: Ruang Terbuka Feminist Space Gelar Pertemuan Sambil Ngobrolin Buku dan Bermusik

Baca juga: Sempat Ramai di Medsos, Ketahui Fungsi Kode QR Dalam Buku Nikah

Dalam seri ketujuh ini, Luh Ayu Manik Mas dikisahkan memerangi monster di tengah pandemi Covid-19. Monster kali ini telah membuat Sagamera, keponakannya, beserta nenek dan kakeknya turut tertatih-tatih menghadapinya.  

“Buku Luh Ayu Manik Mas ke-7 ini sangat menarik karena menjadi media untuk mendidik anak sehubungan dengan ilmu pengetahuan melalui bahasa yang sederhana, jelas dan komunikatif. Gambarnya bagus, ceritanya aktual namun dikemas secara fantasi,” demikian kata Made Taro, maestro pendongeng cerita anak dari Bali tentang komik terbaru Luh Ayu Manik Mas.

“Ada kearifan lokal yang diangkat bahwa kita hidup menyatu dengan alam. Kalau manusia tidak menjaga dan menyucikan alam, maka penyakit akan muncul. Saya salut bahwa buku Luh Ayu Manik Mas ke-7 yang baru saja saya baca benar-benar menarik perhatian apalagi ditulis dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Bali, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” imbuh pendiri Sanggar Kukuruyuk ini.

Luh Ayu Manik Mas adalah figur perempuan remaja pahlawan super yang dihadirkan BASAbali Wiki dengan berbagai kisah perjuangannya dalam mengatasi persoalan-persoalan sosial lingkungan.

Kesigapan Luh Ayu Manik Mas diharapkan mampu menginspirasi generasi muda untuk turut aktif mengatasi persoalan sosial dan lingkungan.

BASAbali Wiki juga sedang melangsungkan program donasi komik Luh Ayu Manik Mas.

Baca juga: PROMO GRAMEDIA hingga 5 Oktober 2021, DISKON Buku hingga 90%, Flash Sale Buku Rp1

Baca juga: Dirjen Bimas Hindu Kemenag Dorong Percepatan Review Buku Teks Pelajaran Agama Hindu

Donasi ditujukan untuk anak-anak rentan/dari keluarga miskin.

Donasi ini diharapkan meningkatkan literasi anak-anak rentan sehingga memberi kesempatan mereka untuk lebih maju. 

Untuk donasi bisa melalui tautan https://gofund.me/dd13c961 untuk mengikuti program donasi ini. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved