Breaking News:

Sponsored Content

Hadiri Caru Tawur Balik Sumpah Utama di Desa Adat Pelaga Badung, Sekda Adi Arnawa Ingatkan Prokes

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri rangkaian upacara di Pura Desa, Desa Adat Pelaga

Pemkab Badung
Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri rangkaian Upacara Nyanggra Puncak Karya Ngenteg Linggih Mapedudusan Agung, Numbung Pedagingan Medasar Caru Tawur Balik Sumpah Utama Ngusaba Desa Lan Ngusaba Nini di Pura Desa, Desa Adat Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, Kamis 21 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri rangkaian upacara dalam pelaksanaan Nyanggra Puncak Karya Ngenteg Linggih Mapedudusan Agung, Numbung Pedagingan Medasar Caru Tawur Balik Sumpah Utama Ngusaba Desa Lan Ngusabe Nini di Pura Desa, Desa Adat Pelaga, Kabupaten Badung, Bali, Kamis 21 Oktober 2021.

Turut hadir Penglingsir Puri Agung Petang, Anggota DPRD Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Perwakilan Dinas Kebudayaan Badung, Ketua PHDI Badung.

Ketua MDA Badung, Camat Petang I Wayan Darma, berserta Unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Pelaga I Made Ordin, serta tokoh dan undangan yang lainnya.

Upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda Gede Mayun dari Gria Babakan Cau Belayu Tabanan, Ida Pedanda Buda Gede Jelantik Giri Santacita dari Gria Tegal Jadi Tabanan, Ida Bujangga Rsi Wiyawastana dari Gria Anyar Sari Sembung.

Sedangkan untuk upacara Melaspas lan Mendem Pedagingan dipuput oleh Pedanda Gede Kemenuh dari Gria Gede Sembung.

Baca juga: Sekda Adi Arnawa Terima Audiensi IPF Badung, Berharap Olahraga Pickleball Dikenalkan ke Masyarakat

Dalam kesempatan ini Sekda Adi Arnawa mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Badung, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Krama Desa Adat Pelaga yang akan melaksanakan upacara suci.

“Dimana dalam menjalankan dan melakukan upacara maupun upakara adat, krama Desa Adat Pelaga melaksanakannya dengan hati yang tulus dan iklas dengan memiliki etikat yang baik agar pelaksanakan karya suci ini sukses dan lancar seperti yang diharapkan.

Selain itu juga merupakan stiti bhakti kita kepada Ida Betara yang ber istana di pura desa ini dan sejebag desa adat pelaga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda Adi Arnawa mengingatkan pandemi Covid-19 masih ada di sekitar, walaupun status Bali sekarang dari level 3 dan sudah turun ke level 2.

Kendati demikian pihaknya mengimbau tetap harus berhati-hati dan waspada apalagi dalam melaksanakan upacara yadnya yang melibatkan orang banyak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved