Breaking News:

Berita Karangasem

Akibat Diguncang Gempa, Puluhan Sekolah di Karangasem Rusak

Puluhan sekolah di Karangasem, Bali, alami kerusakan setelah diguncang gempa berkekuatan 4.8 SR.

Tribun Bali/Saiful Rohim
Keadaan rumah di Banjar Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali setelah diguncang gempa, Sabtu 16 Oktober 2021 - Ilustrasi - Akibat Diguncang Gempa, Puluhan Sekolah di Karangasem Rusak 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Puluhan sekolah di Karangasem, Bali, alami kerusakan setelah diguncang gempa berkekuatan 4.8 SR.

Kerusakan sekolah bervariatif. Tersebar di beberapa Kecamatan di Karangasem.

Seperti Kecamatan Kubu, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Bebandem.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga (Disdikpora) Kab. Karangasem, I Wayan Sutrisna mengatakan, sekolah terdampak meliputi SD sampai SMP.

Baca juga: Selain SMP, Pemerintah Kota Denpasar Akan Bangun 26 Sekolah Dasar Baru pada Tahun 2022 

Rinciannya yakni 1 Taman Kanak (TK), 30 Sekolah Dasar (SD) Negeri, 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, dan 1 SMP Swasta.

"Kerusakan yang terjadi pada bangunan sekolah bervariatif. Genteng jatuh hingga pecah, dinding bangunannya retak, serta plafon bangunan lepas terjatuh,"ungkap I Wayan Sutrisna, Minggu 24 Oktober 2021.

Ditambahkan, Disdikpora Karangasem telah menindaklanjuti info terkait kerusakan beberapa sekolah.

Diantaranya untuk kondisi bangunan sekokah yang terdampak dan mengalami kerusakan sedang serta berat dimohonkan penanganan melalui APBD, BKK, DID, serta DAK.

"Untuk sementara bangunan gedung yang terdampak rusak berat dan tak layak kembali digunakan, sementara tak digunakan untuk proses belajar mengajar maupun aktivitas sekolah lainnya,"ungkap Sutrisna.

Sedangkan untuk sekolah yang mengalami rusak ringan, dan hanya ganti komponen yang jatuh seperti genteng serta plafon, bisa menggunakan anggaran BOS.

Sehingga bisa tetap melakukan proses belajar mengajar dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ditentukan.

Baca juga: Gempa Rusak 21 Sekolah di Bangli Bali, Warga Butuh Bantuan Tandon Air dan Lainnya

"Untuk sekolah yang mengalami kerusakan sudah melakukan pembersihan terhadap komponen bangunan yang terjatuh, agar tak mengganggu. Dari pihak sekolah juga sudah melaporkan kerusakan akibat gempa ke Disdikpora Karangasem,"tambahnya.(*).

Kumpulan Artikel Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved