Breaking News:

Berita Karangasem

Sopir Angkutan Logistik Dapat Layanan Tes Rapid Antigen Gratis di Padang Bai

Kebijakan ini diterapkan sesuai Surat Edaraan (SE) Menteri Perhubungan RI Nomor 22 Tahun 2021.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: DionDBPutra
TRIBUN BALI/SAIFUL ROHIM
Sopir angkutan logistik menjalani rapid test antigen gratis di Pelabuhan Padang Bai, Rabu 3 November 2021. 

AMLAPURA, TRIBUN BALI - Tim Kesehatan di Pelabuban Padang Bai, Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem melayani rapid test antigen secara gratis bagi sopir angkutan logistik.

Kebijakan ini diterapkan sesuai Surat Edaraan (SE) Menteri Perhubungan RI Nomor 22 Tahun 2021.

Koordinator Satuan Pelayanan BPTD Wilayah XII Bali Pelabuhan Padang Bai, I Nyoman Agus Sugiarta mengungkapkan, pelayanan rapid test antigen gratis untuk sopir angkutan logistik berlangsung sejak 13 Oktober 2021.

Baca juga: 3 Bulan Masa Pemulihan Gempa di Karangasem, Rapat Putuskan Status Tanggap Darurat Dicabut

Baca juga: Ratusan Pedagang di Terminal Seraya Karangasem Direlokasi ke Pasar Amlapura Barat

"Sudah dua minggu yang lalu kita laksanakan pelayanan rapid test antigen gratis khusus sopir angkutan logistik. Kit rapid dan petugas kesehatannya sudah disediakan pemerintah pusat," kata Nyoman Agus Sugiarta kepada Tribun Bali, Rabu 3 November 2021.

Menurut dia, sejauh ini pelayanan kepada para sopir angkutan logistik berjalan lancar.

Sugiarta menyebutkan, sejak tanggal 13 Oktober sampai 2 November 2021 sebanyak 286 sopir angkutan logistik yang mendapat pelayanan rapid test antigen gratis di Pelabuhan Padang Bai.

Mereka terdiri dari 148 sopir truk dan lainnya sopir pikap. Tak ditemukan sopir yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk hari Selasa 2 November 2021, sopir logistik yang menjalani rapid test antigen gratis sebanyak 20 orang. Jumlah kendaraan 13. Hasilnya yakni semuanya dinyatakan negatif. Kegiatan ini terus berjalan. Sisa kit rapid sebanyak 9.314, serta yang sudah terpakai 286," kata Agus Sugiarta.

Sugiarta mengatakan, sopir dan kernet angkutan logistik yang hasil rapid test antigennya negatif, dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Sedangkaan mereka yang dinyatakan positif tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan, diminta segera isolasi mandiri dan melaporkan kepada Puskesmas setempat.

Agus Sugiarta menambahkan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Padang Bai juga menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 untuk sopir serta penumpang.

Langkah tersebut dilaksanakan untuk mempercepat program pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19.

"Untuk vaksinasi, wewenang KKP Pelabuhan Padang Bai. Lumayan banyak penumpang dan sopir yang melaksanakan vaksinasi di Pelabuhan Padang Bai," ujarnya.

Sampai saat ini petugas tetap memperketat penjagaan di pintu masuk Pelabuhan Padang Bai. Semua sopir dan penumpang diperiksa secara rinci syarat dokumen perjalanan mereka.

Simak berita lain dari Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved