Breaking News:

Tips Kesehatan

Bisa Memperparah Gejala Hiperaktif, Inilah 7 Makanan yang Harus Dihindari bagi Anak ADHD

Kondisi ADHD bisa mempengaruhi kehidupan sosial dan prestasi akademik anak. Beberapa makanan dan minuman bisa memperburuk gejala hiperaktif.

Penulis: Priscilla Nivili | Editor: Priscilla Nivili
Pexels/cottonbro
Ilustrasi - Permen bisa memicu perilaku hiperaktif pada anak. Hindari 7 makanan ini, yang memperparah gejala ADHD pada anak. 

TRIBUN-BALI.COM – Hai, Tribunners! Anak aktif dan cerdas memang menyenangkan untuk dilihat, terlebih lagi bagi orangtuanya.

Namun berbeda jika anak hiperaktif, bukan hanya kedua orang tua, mungkin orang lain di sekitar bisa dibuat jengkel.

Meski begitu, anak hiperaktif maupun anak yang punya kesulitan fokus bukanlah hal yang harus dianggap wajar, apalagi sampai dicap bandel atau bodoh.

Perilaku hiperaktif dan sulit fokus bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan mental yang disebut Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Kondisi ADHD bisa sangat mengganggu anak-anak terutama dalam hal akademik, karena anak dengan ADHD cenderung mengalami gangguan fokus dan sulit menerima pelajaran.

Bila orang tua melihat gejala ADHD pada anak, segeralah konsultasikan pada dokter atau psikolog anak agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Diagnosis lebih awal dapat sangat membantu orangtua dan anak untuk mengatasi gejala-gejala tersebut.

Baca juga: Anak Hiperaktif Bukan Berarti Bandel, Kenali ADHD dan Gejalanya pada Anak

Makanan dan ADHD

Jika sudah didiagnosa ADHD, orangtua juga harus tahu bahwa beberapa makanan dan minuman bisa memperburuk gejala hiperaktif pada anak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak ADHD juga mengalami kekurangan asam lemak Omega-3, yang keduanya punya dua gejala yang sama yaitu rasa haus berlebih dan sering buang air kecil.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved