Breaking News:

Berita Buleleng

Buleleng Bakal Terapkan Sistem Vaksinasi Oral Rabies, Vaksin Akan Dicampur ke Makanan Anjing

Buleleng dipilih sebagai lokasi pelaksanaan sistem Vaksin Oral Rabies (VOR) yang dirintis oleh Food and Agriculture Organization (FOA).

DOK PRIBADI
Ilustrasi Anjing Rabies 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Buleleng dipilih sebagai lokasi pelaksanaan sistem Vaksin Oral Rabies (VOR) yang dirintis oleh Food and Agriculture Organization (FOA).

Program ini rencananya akan direalisasikan mulai 2022 mendatang. 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Buleleng Made Suparma mengatakan, dengan menggunakan sistem VOR ini, lebih memudahkan petugas untuk memvaksinasi anjing-anjing yang ada di Buleleng.

Di mana, vaksin hanya cukup dicampur dengan makanan yang disukai oleh anjing, lalu diberikan kepada anjing yang menjadi sasaran vaksinasi. 

Baca juga: Dinsos Buleleng Bagikan 80 Ekor Bibit Babi untuk Warga Miskin

"Kalau dengan teknik suntik seperti yang bisanya dilakukan, petugas harus kejar-kejaran dengan anjing. Saat melihat ada petugas membawa jaring dan peralatan vaksin, anjing yang disasar cenderung lari."

"Sedangkan kalau dengan sistem VOR ini, vaksinnya cukup dicampur dengan makanan yang disukai oleh anjing. Jadi lebih mudah," ucapnya. 

Petugas di Dinas Pertanian Buleleng kata Suparma telah diberikan pelatihan terkait sistem VOR ini, beberapa waktu lalu di Denpasar.

Dalam waktu dekat, tim dari FOA akan datang ke Buleleng untuk memberikan sosialisasi serta menjadi formula atau makanan yang tepat untuk dicampurkan dengan obat vaksin. 

Baca juga: Terkait Dugaan Gratifikasi dan TPPU, Eks Sekda Buleleng, Dewa Ketut Puspaka Dilimpahkan

Suparma pun menyebut, sebelum sistem ini mulai diterapkan pada 2022 mendatang, pihaknya akan gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat.

"Kami tidak ingin masyarakat salah paham. Karena ada oknum yang sengaja meracuni anjing dengan potas yang dicampurkan dengan makanan. Jangan sampai VOR ini disabotase orang tidak bertanggung jawab," terangnya. (*)

Berita lainnya di Berita Buleleng
 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved