Breaking News:

Berita Buleleng

Berkunjung ke Buleleng, Wamen LHK Minta Warga Eks Timur Timor Bersabar terkait Kepemilikan SHM

Perbekel Desa Sumberklampok, Wayan Sawitra Yasa dikonfirmasi melalui saluran telepon membenarkan jika Wamen LHK Alue Dohong berkunjung ke desa

istimewa
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Alue Dohong (tengah) saat berkunjung ke Desa Sumberklampok, Rabu (1/12/2021) 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Alue Dohong meminta kepada warga eks Timor Timur untuk bersabar, terkait keinginannya untuk mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Hal itu ia sampaikan saat berkunjung ke Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng pada Rabu (1/12/2021) sore.

Perbekel Desa Sumberklampok, Wayan Sawitra Yasa dikonfirmasi melalui saluran telepon membenarkan jika Wamen LHK Alue Dohong berkunjung ke desa tersebut.

Namun kunjungannya itu bukan untuk membahas terkait pembebasan lahan untuk warga eks Timor Timur. Melainkan untuk meninjau perkembangan tanaman mangrove yang ditanam pada 2019 lalu.

Baca juga: Saluran Drainase Tersumbat Sampah, Halaman SDN 3 Seririt Buleleng Terendam Banjir

Namun dengan kedatangan Wamen tersebut, Sawita mengaku sempat menyinggung terkait perkembangan pembebasan lahan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang sudah ditempati oleh warga eks Timor Timur sejak puluhan tahun.

Kepada Sawitra, Alue Dohong menyebut telah menerima surat permohonan pelepasan lahan yang dikirim oleh masyarakat eks Timor Timur tersebut, melalui Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

'Pak Wamen datang untuk meninjau mangrove yang ditanam di Sumberklampok 2019 lalu.

Namun dalam kesempatan itu, saya sempat menceritakan kronologi warga eks Timor Timur yang memilih untuk tinggal dan menggunakan lahan HPT untuk pertanian.

Kami harap negara hadir dan bisa memberikan SHM untuk mereka, karena mereka telah menyatakan diri kembali ke tanah air dan sudah menempati kawasan itu puluhan tahun," jelasnya.

Dalam kesempatan itu kata Sawitra, Alue menyebut berdasarkan peraturan saat ini HPT bisa dilepaskan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved