Breaking News:

Berita Tabanan

Panen Perdana Pertanian Ramah Lingkungan di Tabanan, 5 Are Hasilkan Lebih dari 300 Kg Gabah

Uji coba penerapan pertanian sehat dan ramah lingkungan seluas 10 are di Subak Catur Angga, Batukaru, Tabanan, Bali, menghasilkan panen yang memuaskan

Yayasan IDEP Selaras Alam
Panen perdana pertanian ramah lingkungan di Subak Catur Angga, Batukaru, Tabanan, Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Uji coba penerapan pertanian sehat dan ramah lingkungan seluas 10 are di Subak Catur Angga, Batukaru, Tabanan, Bali, menghasilkan panen yang memuaskan. 

Hasil ini diperoleh dalam acara panen perdana pertanian ramah lingkungan yang digelar pada Sabtu, 11 Desember 2021.

Di mana untuk 5 are lahan menghasilkan lebih dari 300 kg gabah.

Wahyu dari Yayasan IDEP Selaras Alam dalam rilis yang diterima Minggu, 12 Desember 2021 mengatakan sejak November 2020, IDEP mulai membangun dialog bersama petani-petani di Subak Catur Angga. 

Baca juga: Polisi Lacak Tempat Penampungan Gamelan, Pencurian Seperangkat Instrumen Baleganjur di Tabanan

Kemudian melakukan pendampingan ke petani yang tergabung dalam kelompok kerja. 

Dalam proses pendampingan, ada beberapa pelatihan yang dilakukan, diantaranya pelatihan manajemen organisasi, permakultur, penyusunan peta subak, serta pendataan anggota subak sesuai dengan aspek sosial budaya, ekologi, dan ekonomi. 

"Tujuan dari pendampingan ini untuk meningkatkan kapasitas petani dalam menerapkan pertanian ramah lingkungan serta penguatan keorganisasian subak," katanya. 

Para petani yang tergabung dalam 20 subak menyambut baik pendampingan yang mengarah pada pertanian ramah lingkungan ini.

"Ini untungnya ada Yayasan IDEP yang mendampingi, saya selaku Pekaseh Subak Rejasa memberanikan diri untuk membuat demplot. Selain mengurangi zat-zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan, kalau menggunakan kimia jelas lebih mengeluarkan biaya banyak," kata Nengah Sutamaya, selaku Pekaseh Subak Rejasa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved