Breaking News:

Berita Klungkung

Guna Antisipasi Jika Ada Lonjakan Kasus Covid-19, RSUD Klungkung Siapkan Generator Oksigen

RSUD Klungkung mulai menyiapkan generator oksigen untuk memenuhi kebutuhan suplai oksigen medis bagi pasien.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Karsiani Putri
Eka Mita Suputra
RSUD Klungkung pada Jumat, 17 Desember 2021 mulai menyiapkan generator oksigen untuk memenuhi kebutuhan suplai oksigen medis bagi pasien. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- RSUD Klungkung mulai menyiapkan generator oksigen untuk memenuhi kebutuhan suplai oksigen medis bagi pasien.

Keberadaan  generator oksigen ini sekaligus untuk mengantisipasi kebutuhan oksigen yang tinggi, jika kembali ada lonjakan kasus Covid-19.

Baca juga: Dandim Klungkung Serahkan Bantuan Jamban ke 5 Warga 

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Anak Berkebutuhan Khusus di Klungkung Perlu Dampingan Orangtua

Baca juga: Kodim 1610 Klungkung Turunkan Tenaga Kesehatan untuk Percepat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma menjelaskan, generator oksigen itu merupakan bantuan hibah dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Dengan mesin tersebut, RSUD Klungkung mampu memproduksi oksigen medis secara mandiri walau dengan kapasitas yang terbatas.

Dalam kondisi normal, RSUD Klungkung setiap harinya menghabiskan 30 tabung oksigen ukuran besar (6000 liter) untuk kebutuhan perawatan pasien.

Sementara kapasitas  generator oksigen yang dimiliki RSUD Klungkung saat ini mampu memproduksi oksigen medis sebanyak 20 tabung ukuran besar (6000 liter) per hari. 

"Dengan keberadaan mesin ini, cadangan oksigen kami sementara amam dan  bisa juga efesiensi. Sebenarnya kami rencana juga pengadaan generator oksigen ini melalui PEN (Pinjaman Ekonomi Nasional). Tapi karena sudah dapat hibah, pengusulan generator oksigen ini kami coret," ungkap Kesuma.

Baca juga: Dandim Klungkung Serahkan Bantuan Jamban ke 5 Warga 

Baca juga: Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandang, Alat Berat & Armada Damkar Dikerahkan ke Nusa Penida Klungkung

Keberadaan generator oksigen di rumah sakit juga dinilai vital disaat masa pandemi Covid-19 saat ini.

Pada saat masa puncak gelombang kedua pandemi Covid-19, RSUD Klungkung setidaknya membutuhkan 100 tabung oksigen medis setiap hari.

Hal ini juga menjadi antisipasi pihak RSUD Klungkung, terlebih saat ini mutasi virus Covid-19 varian Omicron sudah masuk ke Indonesia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved