Breaking News:

Berita Bangli

Ratusan Guru SD di Bangli Ikuti Pelatihan sebagai Pelindung Anak

Child Protection Program Manager, Gusti Ayu Ketut Mahardiyani, Rabu (22/12/2021) mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan guru

istimewa
Guru-guru SD di Bangli saat mengikuti pelatihan tentang guru sebagai pelindung anak di SKB Kayuambua. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangli bersama Yayasan Bali Children's Project mengadakan pelatihan tentang guru sebagai pelindung anak.

Pelatihan tersebut melibatkan ratusan perwakilan guru SD di Bangli.

Kegiatan pelatihan digelar selama dua hari, yang bertempat di SKB Kayuambua, Kecamatan Susut.

Pada hari pertama, pelatihan diperuntukan bagi guru-guru dari Kecamatan Bangli, Tembuku, dan Susut.

Baca juga: Tahun Ini Pendapatan RSU Bangli Surplus Rp 40 Miliar

Sedangkan hari kedua untuk guru-guru dari Kecamatan Kintamani.

Child Protection Program Manager, Gusti Ayu Ketut Mahardiyani, Rabu (22/12/2021) mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan guru sebagai pelindung anak dari kekerasan, khususnya kekerasan seksual.

Mengingat meningkatnya kekerasan seksual pada anak di bawah umur.

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh beberapa narasumber. Diantaranya Lilik Ismurtono Santoso dari Komisi Penyelenggara Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Bali, I.A Ita Aryawati selaku pengurus FK. Puspa kota Denpasar dan Trainner AMAN Awarenes, serta psikolog Ida Bagus Gede Agung Yoga Pramana.

"Para narasumber memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang beberapa hal. Mulai dari kekerasan yang umum terjadi pada anak, kekerasan seksual pada anak, bagian tubuh pribadi, sentuhan aman dan sentuhan tak aman, peran 'Safety Network' dalam perlindungan anak dari kekerasan, dan peran guru dalam perlindungan anak dari kekerasan seksual," ungkapnya.

Pada kegiatan inti, lanjut Mahardiyani, para guru juga dilatih bagaimana cara mengedukasi anak-anak tentang perlindungan diri dari kekerasan, khususnya dari kekerasan seksual yang sekarang ini marak terjadi dan informasinya menyebar luas di media sosial.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved