Breaking News:

adv

Pengisian Energi Kendaraan Listrik Ditambah Guna Sukseskan KTT G20

Kunci dan bukti komitmen PLN dalam mendukung pemerintah dalam mewujudkan transisi energi berkelanjutan salah satunya dengan penyelenggaraan G20 yang b

Valen
Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Listrik Ditambah Guna Sukseskan KTT G20 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Arini Valentya Chusni

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kunci dan bukti komitmen PLN dalam mendukung pemerintah dalam mewujudkan transisi energi berkelanjutan salah satunya dengan penyelenggaraan G20 yang bakal digelar di Indonesia.

Dari sisi suplai daya, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menegaskan sistem kelistrikan Bali sudah siap untuk menyelenggarakan pergelaran KTT G20.

Dengan daya mampu sistem sebesar 1.322,1 Mega Watt (MW), beban puncak tertinggi pada 2021 tercatat sebesar 754,6 MW. Sehingga masih ada cadangan daya atau reserve margin sebesar 567,8 MW atau 42,9 persen.

Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Listrik Ditambah Guna Sukseskan KTT G20
Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Listrik Ditambah Guna Sukseskan KTT G20 (ist)

Selain memastikan keandalan pasokan listrik, PLN juga berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur pengisian energi kendaraan listrik. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi rencana para kepala negara yang akan menggunakan mobil listrik.

"Sebagaimana informasi yang kami terima, akan ada 500 mobil listrik yang akan digunakan oleh para delegasi KTT G20. Tentu jumlah SPKLU yang ada saat ini masih kurang," kata Darmawan.

Maka dari itu, PLN akan menambah pengoperasian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Fast Charging sebanyak 21 unit di 15 shelter di lokasi-lokasi strategis milik PLN. Seluruh SPKLU yang akan dibangun ini merupakan tipe Fast Charging, dengan rincian 12 unit tipe 25 kilo Watt (kW) dan 9 unit tipe 50 kW.

Baca juga: Aspal Mengelupas, Kualitas Proyek Jalan di Desa Ban Karangasem Diduga Asal-asalan

Baca juga: Antisipasi Kasus Covid-19 Meningkat Saat Tahun Baru, RSUD Buleleng Siapkan 120 Bed

Baca juga: Pasokan Menipis, Harga Cabai Rawit di Badung Tembus Rp 95 Ribu/Kg

Saat ini total SPKLU yang dimiliki oleh PLN di seluruh Indonesia total berjumlah 68 unit. Dia pun menargetkan pada tahun depan PLN akan semakin masif menambah SPKLU. Sehingga para pemilik kendaraan listrik tak lagi ragu untuk menggunakan kendaraan listriknya.

Berdasarkan data yang ada saat ini, dari 14.400 unit kendaraan listrik yang telah beroperasi, sekitar 12 ribu lebih di antaranya adalah motor listrik dan 1.656 unit merupakan mobil listrik. PLN pun terus aktif menyediakan SPKLU untuk mendukung pertumbuhan kendaraan listrik.

Darmawan pun menegaskan pergelaran KTT G20 ini akan menjadi bukti komitmen PLN dalam mendukung pemerintah mencapai transisi energi.

Berbagai upaya pun telah dilakukan PLN untuk mendukung transisi ke energi bersih. Mulai dari meningkatkan bauran energi bersih hingga mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik.(*)

Berita Lainnya

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved