Breaking News:

Berita Badung

Posko Terpadu Nataru Bandara Ngurah Rai Ditutup, Stakeholder Antisipasi Arus Balik Akhir Pekan Ini

Apel penutupan dipimpin oleh Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi dan dihadiri oleh Danlanud I Gusti Ngurah Rai, dan stakeholde

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Noviana Windri
ist
Hari ini Rabu, 5 Januari 2022 dilaksanakan acara Apel Penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di area Kedatangan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Setelah dilaksanakannya Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang berlangsung selama 19 hari dimulai dari tanggal 17 Desember sampai 4 Januari 2022.

Hari ini Rabu, 5 Januari 2022 dilaksanakan acara Apel Penutupan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di area Kedatangan Domestik Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Apel penutupan dipimpin oleh Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi dan dihadiri oleh Danlanud I Gusti Ngurah Rai, dan stakeholder Bandara lainnya.

Pelaksanaan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 dilakukan pada saat dunia global termasuk Indonesia mengalami pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih.

"Isu munculnya virus varian baru Covid-19 yakni Omicron membuat semua pihak baik dari sector transportasi maupun sector kesehatan menjadi lebih waspada dan berhati-hati dalam penerapan Protokol Kesehatan selama periode angkutan Nataru," ujar Eka Cahyadi.

Baca juga: Ini Penyebab Kentut Sangat Bau, Salah Satunya Karena Makan Banyak Serat

Baca juga: Kisah di Balik Nasi Babi Guling Rp 5 Ribu di Jalan Hayam Wuruk Denpasar

Baca juga: ASNAWI MANGKUALAM Gemilang di Piala AFF 2020, Ansan Greeners Justru Ketiban Rezeki

Ia menambahkan walaupun Posko Terpadu telah berakhir seluruh stakeholder harus tetap mengantisipasi kemungkinan adanya peningkatan arus balik pada tanggal 8 - 9 Januari 2022, dikarenakan masa libur anak sekolah baru akan berakhir ditanggal tersebut.

Berdasarkan data selama Periode Nataru (17 Desember 2021 - 4 Januari 2022) terjadi peningkatan jumlah arus penumpang domestik (datang/berangkat) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada periode Nataru tahun ini jumlah penumpang yaitu 406.682 penumpang, atau naik sekitar 56.05 persen dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya yakni sebanyak 260.476 penumpang. 

Jumlah arus pergerakan penumpang datang/berangkat tertinggi (puncaknya) terjadi pada tanggal 19 Desember 2021 (H-6) sebesar 28.975 penumpang. 

Akhir masa Nataru terjadi puncak arus balik sebesar 24.731 penumpang yakni pada tanggal 2 januari 2022 (H+2). 

Khusus untuk arus pesawat udara domestik (datang/berangkat) mengalami penurunan sebesar -6,15 persen selama periode Nataru dengan jumlah total 3.299 pergerakan pesawat udara, dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya yaitu 3.515 pesawat udara.

Eka Cahyadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak baik secara langsung maupun tidak langsung yang telah membantu kelancaran, kesuksesan penyelenggaraan Posko Angkutan Nataru Tahun 2021/2022.

Seluruh stakeholder yang terkait telah melaksanakan fungsi dan perannya masing-masing dalam kelancaran, keselamatan, keamanan operasi penerbangan secara baik dan sesuai prosedur.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved