Breaking News:

Berita Gianyar

4 Pohon di Jalan Monkey Forest Ubud Tumbang, Akses Lalu Lintas Sempat Terganggu

Diduga karena terlalu tua, empat pohon di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali tumbang ke jalan, Kamis 6 Januari 2022.

Istimewa
Petugas bersama warga evakuasi pohon tumbang di Objek Wisata Monkey Forest Ubud, Gianyar, Bali, Jumat 7 Januari 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Diduga karena terlalu tua, empat pohon di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar, Bali tumbang ke jalan, Kamis 6 Januari 2022.

Beruntung tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sebab saat pohon tersebut tumbang, lalu lintas yang biasanya ramai, saat itu tengah sepi.

Meskipun demikian, akses lalu lintas di sana sempat terganggu. 

Berdasarkan data dihimpun Tribun Bali, Jumat 7 Januari 2022,  peristiwa pohon tumbang ini pertama kali diketahui oleh seorang warga yang tengah berada di dekat lokasi, OCa Tri Rahadia.

Baca juga: Dukungan Dana Ogoh-ogoh Tak Seragam, Denpasar dan Gianyar Tak Alokasikan Anggaran

Di mana sekitar pukul 16.25 Wita, ia mendengar suara keras membentur aspal.

Ketika didekati, diketahui itu merupakan suara pohon yang tumbang. Setelah dilakukan pengecekan, diketahui itu adalah pohon yang tumbuh di areal hutan Monkey Forest Ubud yang ada di bagian sisi utara jalan. 

Adapun pohon yang tumbang tersebut sebanyak empat buah. Pohon tumbang menutupi jalan.

Setelah itu, iapun memberitahu karyawan objek wisata Monkey Forest Ubud dan selanjutnya menghubungi Bendesa Adat Padangtegal I Made Gandra dan Kepala Lingkungan Padangtegal Klod Komang Oka Wirajaya.

Kejadian tersebut pun sampai ke Polsek Ubud. 

Sekitar pukul 16.50 wita, personil Polsek Ubud yang dipimpin  Kanit Reskrim Polsek Ubud,  AKP I Wayan Gede Mudana,S.H.,M.H., dan BPBD Kabupaten Gianyar yang dipimpin oleh Kapala BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba tiba di lokasi untuk bersama- sama yang dibantu oleh warga setempat mengevakuasi pohon yang menutupi jalan. 

Baca juga: Antisipasi Penyebaran Covid-19, Tahanan Polres Gianyar Kini Difasilitasi Video Call, Durasi 15 Menit

Setelah dievakuasi secara gotong royong, pukul 17.15 wita, pohon yang tumbang tersebut berhasil dipotong kemudian dilakukan pembersihan dengan memindahkan pohon yang tumbang tersebut ke pinggir jalan, sehingga akses Jalan Raya Monkey Forest dapat dibuka dan dilalui kembali oleh kendaraan.

Kapolsek Ubud, Kompol I Made Tama mengatakan, pohon tumbang tersebut empat jenis. Yakni, pohon ao dan kresek tumbang sampai ke akar-akarnya, pohon waru dan beringin tumbang di cabang. 

"Dalam peristiwa bencana alam pohon tumbang tersebut tidak ada korban jiwa. Tumbangnya pohon tersebut diduga karena pohon sudah terlalu besar dan tanah labil yang disebabkan akhir-akhir ini sering turun hujan yang cukup lebat, disertai dengan angin kencang, sehingga tanah tidak kuat menopang akar pohon," ujar Kompol Tama. (*)

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved