Breaking News:

Info Populer

Pria Ini Berhasil Jalani Transplantasi Jantung dari Babi

Sebuah operasi transplantasi jantung menggunakan jantung seekor babi yang telah modifikasi berhasil dilakukan di Amerika Serikat.

kompas.com
Kondisi David Bennett (kanan) dilaporkan membaik setelah operasi. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebuah operasi transplantasi jantung menggunakan jantung seekor babi yang telah modifikasi berhasil dilakukan di Amerika Serikat.

Operasi dengan pasien seorang pria bernama David Bennett tersebut digelar di dari Maryland AS.

Transplantasi organ adalah transplantasi atau cangkok atau pemindahan seluruh atau sebagian organ dari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu bagian ke bagian yang lain pada tubuh yang sama.

Baca juga: Mengenal Transplantasi Rambut, Mulai dari Proses, Manfaat, dan Efek Sampingnya

Tim dokter dari University of Maryland Medicine yang melakukan tindakan operasi cangkok terhadap Bennett mengatakan prosedur itu berjalan lancar, dan menganggap hal ini sebagai babak baru dari transplantasi organ babi ke manusia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pun telah memberikan izin darurat untuk tindakan operasi transplantasi jantung babi pada 31 Desember 2021 lalu.

Kondisi pria berusia 57 tahun itu pun saat ini sudah mulai membaik pasca menerima jantung babi.

Kendati demikian, tim dokter harus tetap mengawasi kondisi Bennett untuk memastikan perkembangannya lantaran ini adalah transplantasi organ dari hewan ke manusia yang pertama kali dilakukan dari jenisnya.

Dia akan dipantau untuk masalah sistem kekebalan atau komplikasi lainnya.

Dilansir dari CNN, Selasa (11/1/2022) tim dokter mengatakan transplantasi jantung babi adalah pilihan satu-satunya bagi penderita penyakit jantung seperti yang dialami pria tersebut.

Baca juga: Mengapa Pasien Gagal Ginjal Kronik Perlu Transplantasi Ginjal? Simak Penjelasannya Berikut

Pasalnya, Bennett dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung konvensional atau pompa jantung buatan setelah dokter meninjau catatan medisnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved