Breaking News:

Music Zone

'Dinasti Matahari' Persembahan Navicula untuk Para Pewaris Nusantara

Dirilisnya single "Dinasti Matahari" sebagai penanda perjalanan Navicula memasuki usia 25 tahun dalam mengarungi industri musik tanah air.

Penulis: Putu Candra | Editor: Noviana Windri
Navicula
'Dinasti Matahari' Persembahan Navicula Untuk Para Pewaris Nusantara 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Navicula sukses menggelar rangkaian tur bertajuk "Home Sweet Home" sekaligus menjadi perayaan rilis single terbaru "Dinasti Matahari" di delapan tempat di Bali rentang bulan Desember tahun 2021.

Membuka tahun 2022, unit green grunge gentlemen ini melepas video musik single terbarunya itu di kanal YouTube. 

Dirilisnya single "Dinasti Matahari" sebagai penanda perjalanan Navicula memasuki usia 25 tahun dalam mengarungi industri musik tanah air.

Pula, single tersebut adalah persembahan Navicula untuk para pewaris Nusantara. 

"Dinasti Matahari" berkisah soal pemaknaan rasa kebangsaan nilai adi luhung yang dimiliki Indonesia. Dimaknai untuk memulihkan kembali etik dan filosofi yang ada di nusantara, di mana budaya kita dilahirkan dari budaya tropis juga agrikultur.

Baca juga: Terbentuk Awal Tahun 2022, Band Bali EXCIRA Segera Rilis Single Gaslighter

Baca juga: Mengawali Tahun 2022, Leeyonk Sinatra Rilis Single Ikhlas

"Single ini sekaligus mengenalkan kembali identitas masyarakat di tanah air sebagai bagian dari suku nusantara yang sudah sejak lama mewarisi cara hidup bersikap pada alam dengan mengambil, memanfaatkan secukupnya, bersyukur dari apa yang sudah tersedia dan menjaga agar tetap dapat memenuhi kebutuhan desain kehidupan dimasa yang akan datang," terang vokalis juga gitaris Navicula, Gede Robi.

Berbicara video musik "Dinasti Matahari", merupakan representasi kekayaan Indonesia, baik dari suku, alam dan kekayaan lainnya yang mungkin tidak dimiliki bangsa lainnya. 

"Selain itu yang membedakan "Dinasti Matahari" dengan video musik yang lain, terletak pada lirik dan notasinya. Sudah 25 ribu viewers, dan komentarnya pun positif. Mereka bangga dengan representasi video musik "Dinasti Matahari". Dimana memperkenalkan suku Sumba, Kalimantan, Minahasa, Jawa, Bali, dan sebagainya," kata Dadang Pranoto selaku gitaris Navicula mengatakan, 

Secara visual, video musik "Dinasti Matahari" mengangkat karakter beberapa suku dan budaya nusantara.

Selain suku Sumba, ada pula Hudoq dari Kalimantan Timur, Hudoq yang merupakan tarian dengan menggunakan topeng dan pakaian tertentu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved