Berita Badung

Satgas Covid-19 Badung Pastikan Semua Warga yang Positif Covid-19 Tanpa Gejala Wajib Jalani Isoter

Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra mengakui bahwa sebagian besar masyarakat di Badung sudah menjalani Isoter.

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Penanganan covid-19 di Kabupaten Badung dipastikan sesuai dengan instruksi Gubernur. Bahkan warga yang positif covid-19 tanpa gejala dipastikan menjalani Isolasi Terpusat (Isoter) sesuai dengan Instruksi Gubernur Bali nomor 192/SatgasCovid19/II/2022.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra mengakui bahwa sebagian besar masyarakat di Badung sudah menjalani Isoter.

 Hal itu buntut dari keluarnya Instruksi Gubernur.

"Memang ada yang sebelumnya melakukan Isolasi Mandiri, namun dari hasil rapat kemarin malam dengan provinsi, hari ini kita sudah menjajaki tempat Isoter," jelasnya saat dikonfirmasi Senin 7 Februari 2022.

Baca juga: Pemkot Denpasar Aktifkan Kembali Satgas Covid-19 hingga Tingkat Banjar, Tambah 1 Tempat Isoter

Pihaknya mengaku sebelumnya pemkab Badung sempat melakukan Isolasi Mandiri ( Isoman), karena kasus belum meningkat dan saat itu juga diperbolehkan.

Hanya saja dengan beberapa syarat yang harus dilakukan, salah satunya  tempatnya atau rumahnya memenuhi syarat Isoman.

"Tapi semenjak keluarnya edaran dan ditegaskan melalui rapat tadi malam maka Pemda harus isoter dan isoman tidak boleh," tegasnya.

Pihaknya mengakui, untuk tempat Isoter masih menggunakan yang lama, yakni di beberapa hotel yang ada di Badung seperti Wisma Bima, Bakung Sari dan juga Hotel Made Bali.

"Kalau dilihat dari data pusat, memang terlihat beberapa masyarakat kami dilakukan Isoman, karena mereka melakukan test covid-19 di luar wilayah Badung. Sehingga kesannya warga Badung banyak yang positif maupun isoman," ucapnya.

Namun sesuai data dilapangan, kata Kepala Dinas Kominfo Badung itu mengaku per tanggal 6 Februari 2022 kemarin Badung baru memanfaatkan dua tempat Isoter yakni Hotel Made Bali.

Di hotel ini kapasitas hanya 100 orang dan sudah terisi semuanya. Sisanya di Bakung Beach dengan kapasitas 155 dan terisi hanya 131 orang.

"Kalau kasus bertambah kita tentu akan melakukan penambahan isoter juga," ucapnya sembari mengatakan total ada 231 orang yang jalani Isoter.

Sesuai data Satgas Covid-19 Badung pada 6 Februari 2022 terdapat 492 kasus positif di Badung sehingga total kumulatif di Gumi Keris yakni mencapai 24.040 kasus.

"Kenapa tidak sesuai dengan angka yang jalani isoter, karena kami masih menjajaki sisanya. Selain itu ada juga warga Badung yang positif di luar tercatat di Badung sesuai data dari pusat," imbuhnya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Pemkab Karangasem Tambah Bed Isoter di SKB Jasri

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved