Berita Bali

ARUS Balik Lebaran 2022! Sebanyak 194.522 Penumpang Masuk dan Keluar Bali Melalui Bandara

Trafik pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, periode 7 hari terakhir (1-7 Mei 2022) mencapai 194.522 orang.

Istimewa
Suasana di Bandara Ngurah Rai, keluar masuk wisatawan pada Lebaran 2022. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Trafik pergerakan penumpang domestik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, periode 7 hari terakhir (1-7 Mei 2022) mencapai 194.522 orang.

Dengan rincian penumpang kedatangan berjumlah 101.527 orang, dan penumpang keberangkatan sebanyak 92.995 orang.

Baca juga: SARIAWAN! Catat Beberapa Faktor Pemicunya 

"Kami memprediksikan untuk puncak keberangkatan domestik pada hari ini Minggu tanggal 8 Mei 2022 seiring berakhirnya libur cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan terminal keberangkatan sejak Rabu tanggal 4 Mei lalu sampai kemarin hari Sabtu terus meningkat," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat ditemui tribunbali.com, Minggu 8 Mei 2022.

Baca juga: BAHAYA! Ini Dampak Minum Air Putih Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Ia menambahkan planning (rencana) penumpang hari ini untuk terminal keberangkatan domestik di angka 16 ribu, tetapi sepertinya realisasi akan diatas dari planning. 

Keberangkatan tertinggi terjadi pada hari Jumat tanggal 6 Mei 2022 mencapai 19.239 penumpang, disusul hari berikutnya 7 Mei 2022 berada di angka 18.135 penumpang.

Untuk rata-rata harian pergerakan penumpang terminal domestik 7 hari terakhir di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai 27.700 orang.

Baca juga: Okupansi Hotel Berbintang Turun, BPS Bali Catat Februari Ada Kenaikan

Dan rata-rata harian terminal keberangkatan domestik periode yang sama (7 hari terakhir) mencapai 14.500 orang lebih, sementara untuk rata-rata harian kedatangan domestik mencapai 13.200 lebih penumpang.

Bahkan diluar ekspektasi, terminal kedatangan domestik dapat dilihat juga sedikit menurun tetapi tetap tinggi rata-rata hariannya.

"Kedatangan masih tetap tinggi angkanya walaupun dibandingkan hari-hari sebelumnya mengalami penurunan tetapi angkanya masih tinggi yakni masih diatas 10 ribu angkanya. Kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai selama masa Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2022 ini ramai lancar, semua operasional berjalan lancar," imbuh Taufan.

Sementara itu untuk realisasi extra flight periode 25 April sampai 7 Mei 2022 kemarin sudah hampir 50 persen dari total pengajuan extra flight yang diterima Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: RUSIA Duduki Kedatangan Wisman Tertinggi di Bali Pada Februari 2022

"Untuk perencanaan extra flight itu sekitar 240 penerbangan dan realisasinya sampai kemarin sudah di angka 100 lebih extra flight lebih. Jadi sudah hampir 50 persen realiasinya," ungkapnya.

Pihaknya juga memprediksikan trafik pergerakan penumpang domestik masih akan tinggi seperti sekarang hingga dua bahkan tiga hari kedepan.

"Kami memprediksikan baik itu kedatangan maupun keberangkatan itu akan tetap tinggi sampai dua atau tiga hari kedepan. Hal ini karena melihat realisasi data masih banyak yang datang dan pergi meninggalkan Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai," kata Taufan.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved