Berita Badung

Buka Layanan Poliklinik Kelas VIP, RSD Mangusada Badung Harapkan Masyarakat Terlayani Dengan Baik

Buka Layanan Poliklinik Kelas VIP, RSD Mangusada Badung Harapkan Masyarakat Terlayani Dengan Baik

istimewa
Dirut RSD Mangusada, dr. I Wayan Darta 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA –Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada kini mulai meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun poliklinik Very Important Person (VIP) untuk masyarakat umum. Ruang yang digunakan itu pun adalah ruang poliklinik sebelumnya yang lokasinya berada di sebelah ruang IGD.

Namun untuk poliklinik umum kini di bangun pada Gedung Baru yakni Gedung D di lantai II. Pembangunan poliklinik VIP itu pun untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang ingin cepat mendapat pelayanan.

Dirut RSD Mangusada, dr. I Wayan Darta yang dikonfirmasi Kamis 16 Juni 2022 mengatakan pembangunan poliklinik VIP dilakukan untuk memberikan pelayanan khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan cepat. Bahkan semua itu dibuka untuk masyarakat umum.

“Untuk dokter kami juga sediakan termasuk pelayanan yang lain di Poliklinik. Sehingga masyarakat yang menggunakan jalur umum bisa menikmati pelayanan poliklinik di VIP,” katanya.

Diakui untuk Poliklinik umum yang berlokasi di Gedung D kini dimanfaatkan oleh masyarakat, hanya saja masyarakat harus mengantri sesuai dengan nomor urut. “Untuk masyarakat yang menggunakan jaminan kesehatan biasanya ke Poliklinik umum. Jadi lebih ramai di Poliklinik Umum,” ucapnya.

Kendati demikian untuk pelayanan kesehatan tidak ada perbedaan, sesuai sakit yang diderita pasien. Hanya saja Poliklinik VIP kata dr Darta penanganannya lebih cepat karena tidak perlu antri.

Dirinya juga tak menampik, jika pemanfaatan fasilitas VIP umumnya digunakan untuk masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas. Selain pelayanan ruang inap juga biasanya diminta yang kelas VIP.

Dirut RSD Mangusada, dr. I Wayan Darta
Dirut RSD Mangusada, dr. I Wayan Darta (istimewa)

Baca juga: Dugaan Korupsi LPD Desa Adat Kota Tabanan Rp7,3 M, Nyoman Bawa dan Adnyana Dewi Mohon Keringanan

Baca juga: Nafas Lega Pasutri Muda yang Curi Besi Tutup Got, Korban Berikan Maaf

Disinggung mengenai, adanya kasus subvarian Omicron baru BA.4 dan BA.5 di Bali, dr Darta mengaku tetap melakukan langkah antisipasi. Pihaknya mengatakan tetap menyiapkan ruangan khusus untuk pasien covid-19.

“Jadi untuk pasien covid-19 tetap kita antisipasi. Bahkan kita sediakan 20 persen bed dari tempat tidur yang kita miliki,” jelasnya.

Selain Bed, ruang ICU juga disiapkan, hanya saja saat ini masih dimanfaatkan untuk pasien umum. “Karena Kasus menurun dan tidak ada pasien covid-19, sementara kita gunakan untuk umum. Jadi kalau kasus muncul lagi, kita sudah siap penanganan maupun fasilitasnya,” imbuhnya

Seperti diketahui, sebanyak empat kasus subvarian Omicron baru BA.4 dan BA.5 yang teridentifikasi di Bali, ternyata ditemukan dalam gelaran Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), yang digelar pada 23 hingga 28 Mei 2022. Empat orang tersebut terdiri atas satu warga negara Indonesia (WNI) dan tiga warga negara asing (WNA). Adapun WNI yang terjangkit subvarian Omicron tersebut berstatus sebagai panitia. Sementara tiga WNA lainnya adalah peserta gelaran GPDRR di Bali, berasal dari Brasil, Mauritius, dan Amerika. Semua yang terpapar varian baru tersebut berjenis kelamin laki-laki. (*)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved