Berita Klungkung

Hanya Ada 1 SMK di Klungkung Daratan, Jika TakLulus SMKN 1 Klungkung Terpaksa ke Sekolah Swasta

Orang tua siswa di Klungkung banyak yang bertanya terkait dengan ketentuan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di jenjang SMK. Pasalnya, saat ini han

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
ist
Suasana PPDB di SMK N 1 Klungkung, Jumat (24/6). 

SEMARAPURA,TRIBUNBALI- Orang tua siswa di Klungkung banyak yang bertanya terkait dengan ketentuan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) di jenjang SMK. Pasalnya, saat ini hanya ada 1 sekolah SMK di Klungkung daratan.

Sehingga jika sudah memilih SMK N 1 Klungkung, tidak ada lagi pilihan SMK lain di Klungkung daratan. Jika tidak lulus, anak mereka harus bersekolah di swasta.

Seperti yang diungkapkan orang tua siswa asal Desa Selat, Klungkung Gede Tanaya. Ia menjelaskan, anaknya sangat ingin bersekolah di SMK N 1 Klungkung. Namun pada pilihan pendaftaran, hanya ada 1 sekolah SMK di Klungkung daratan.

" Kalau sudah daftar di SMK 1 Klungkung, tidak bisa lagi daftar di sekolah SMA Negeri lain. Sistemnya seperti itu. Saya takut kalau anak saya tidak lolos seleksi di SMK N 1 Klungkung, harus sekolah di swasta," ujar Gede Tanaya, Jumat 24 Juni 2022. 

Suasana PPDB di SMK N 1 Klungkung, Jumat (24/6).
Suasana PPDB di SMK N 1 Klungkung, Jumat (24/6). (ist)

Baca juga: Ternyata Banyak Calon Siswa SMA Belum Paham Zonasi PPDB, Catat Ini Ya Adik-adik!

Meskipun demikian, dirinya mengaku akan tetap mendukung anaknya untuk mendaftar di SMK N 1 Klungkung.

" Anak saya sudah daftar lewat jalur rapor, semoga bisa lolos," harapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK N 1 Klungkung I Wayan Siarsana menjelaskan, pihakanya juga banyak menerima pertanyaan dari siswa atau orang tua siswa terkait masalah tersebut. Mengingat di Klungkung daratan ada SMK N 1 Klungkung, sementara SMK Negeri lainnya hanya ada di Nusa Penida.

" Ada banyak pertanyaan ke kami, hanya ada 1 SMK Negeri di Klungkung daratan. Kalau dari sistemnya, sudah daftar
di SMK otomatis tidak bisa daftar di SMA," ujar Siarsana, Jumat (24/6).

Sehingga jika memilih jenjang SMK, siswa di Klungkung daratan hanya bisa memilih SMK N 1 Klungkung. Jika tidak lulus, terpaksa harus ke sekolah swasta.

" Muncul juga pertanyaan dari orang tua, apakah jika daftar di SMK N 1 Klungkung pasti diterima? kami tidak bisa jawab. Pilihan sekolah SMK lain di Klungkung tidak ada, hanya ada di Nusa Penida. Jika tidak diterima di negeri, kemungkiman di sekolah swasta bisa diterima," jelasnya.

Meskipun demikian, peminat siswa untuk bersaing bersekolah di SMK Negeri 1 Klungkung cukup tinggi. Pada PPDB hari pertama saja, sudah ada lebih dari 600 siswa yang mendaftar. Sementara SMK N 1 Klungkung tahun ini hanya menerima kuota 504 siswa, untuk 14 kelas.

" Itu kendala kami di Klungkung daratan hanya ada 1 SMK Negeri, sesuai sistem tidak bisa memilih SMA. Jika tidak diterima di SMK Negeri 1 Klungkung, kemungkinan besar harus ke sekolah swasta,"jelasnya. (mit)

 

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved