Sponsored Content

Peletakan Batu Pertama di Sirkuit All In One Pengambengan, Sirkuit Drag Race, Makepung & Pacuan Kuda

Tamba Rencanakan Event Setiap Hari *Peletakan Batu Pertama di Sirkuit All In One One Pengambengan *Disediakan Sirkuit Drag Race, Makepung Hingga Pac

istimewa
Suasana saat Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat melakukan peletakan batu pertama di areal Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat 8 Juli 2022. 

NEGARA, TRIBUN BALI - Bupati Jembrana, I Nengah Tamba meletakan batu pertama pembangunan Sirkuit All In One Pengambengan, Jembrana, Jumat 8 Juli 2022.

Proyek senilai Rp 2,9 Miliar lebih ini nantinya akan dibangun sirkuit drag race, pacuan kuda, hingga sirkuit makepung.

Selain itu, lokasi ini yang memiliki luas hampir 4 hektare ini nantinya akan menjadi pusat atraksi budaya dan pementasan lainnya.

Menurut pantauan, sebelum pelaksanaan tersebut, terlebih dahulu dilakukan upacara agama. Selanjutnya, ada tiga batu yang diletakan pada dasar pondasi pembangunan panggung pertunjukan kesenian ampiteater.

Suasana saat Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat melakukan peletakan batu pertama di areal Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat 8 Juli 2022.
Suasana saat Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat melakukan peletakan batu pertama di areal Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jumat 8 Juli 2022. (istimewa)

Nengah Tamba mengatakan, pembangunan Sirkuit All In One ini merupakan cikal bakal wisawatan datang ke Jembrana. Dia mencontohkan obyek wisata di Uluwatu, Kabupaten Badung yakni Kecak Dance yang dikunjungi ratusan orang setiap harinya. Sehingga diharapkan nantinya Jembrana seperti daerah lain.

"Kenapa kita tidak bisa? Kita di Jembrana punya makepung yang menjadi atraksi budaya khas. Ini satu-satunya, dan barang mahal," katanya.

Sehingga, kata dia, untuk membangun atau mengembangkan atraksi budaya tersebut dengan membangun sirkuit yang memadai. Selama ini, sekaa makepung cendrrung susag payah untuk mempertahankan budaya ini karena tak didukung dengan fasilitas yang memadai.

"Nanti juga kita akan siapkan yang berbeda. Artinya makepung yang lebih modern. Intinya kita akan menjaga eksistensi dari atraksi budata yang kita miliki ini," tegasnya.

Politikus melanjutkan, di lokasi ini tidak hanya akan disediakan fasilitas makepung. Namun lainnya juga seperti pacuan kuda serta peranan UMKM sebagai penyedia makanan dan minuman hingga hiburan. Selain itu seluruh event yang sudah masuk kalender pariwisata Jembrana juga akan dilaksanakan yang

"Ini merupakan rangkaian menuju Jembrana Emas 2026. Sebentar lagi ground breaking jalan tol akan jalan, investasi akan masuk, infrastruktur sudah bagus dan wisatawan akan datang," ungkapnya.

"Semua UMKM kita libatkan disini, dan saya harapkan event bisa setiap hari di sini," tandasnya.

Ketua Sekaa Makepung Jembrana, Made Mara mengharapkan dengan adanya sirkut makepung ini nantinya akan menjadi salah satu atraksi budaya kabupaten Jembrana go internasional.

"Kami sangat berharpa yang terbaik agar makepung Jembrana ini semakin dikenal. Apalagi sekarang sudah disediakan tempat atau fasilitas yang lebih memadai sehingga mengundang wisatawan untuk datang," tandasnya.

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved