Sponsored Content

Keruh dan Berlumpur, Komisi II DPRD Klungkung Cek Sumber Mata Air Penida

Komisi II DPRD Klungkung, Senin 22 Agustus 2022 lalu melakukan pengecekan terhadap sumber mata air Penida di Desa Sakti, Nusa Penida.

Istimewa
Anggota DPRD Klungkung saat meninjau sumber mata air Penida, di Desa Sakti, Nusa Penida, belum lama ini. 

 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Komisi II DPRD Klungkung, Senin 22 Agustus 2022 lalu melakukan pengecekan terhadap sumber mata air Penida di Desa Sakti, Nusa Penida.

Hal tersebut dilakukan, setelah anggota dewan menerima informasi sumber mata air tersebut keruh dan berlumpur.


Dari hasil observasi lapangan, anggota dewan menemukan sumber mata air Penida penuh lumpur. Mereka menganggap air ini tidak layak untuk didistribusikan ke masyarakat. 

Baca juga: Bawaslu dan KPU Klungkung Bertemu, Satukan Persepsi Tata Tertib Verifikasi Administrasi Pemilu


Selain penuh lumpur dan lumut sumber air tersebut juga menjadi habitat reptil seperti ular, kadal, biawak dan juga kodok.

Selain itu saat air pasang, mata air pun tercampur air laut yang menyebabkan air yang didistribusikan ke masyarakat terasa payau.


"Perlu adanya instalasi pengolahan air yang memadai agar jangan sampai kondisi air ini langsung didistribusikan ke masyarakat," ujar Wakil DPRD Klungkung, Wayan Baru Senin (22/8).

Baca juga: Jelang Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2024, PKN Klungkung Siapkan Pengurus di 3 Kecamatan


Kondiri air yang berlumpur ini, juga menyebabkan pompa PDAM rusak. Sehingga air ini tidak bisa didistribusikan ke masyarakat.


"Kemarin sempat banjir, mata air itu kena lumpur lalu terjadi pompa itu aus (rusak). Syukur pompa saja yang bermasalah. Sekarang sudah dikerjakan semoga bisa segera diperbaiki," tutur Direktur Perumda Panca Mahottama Direktur PDAM Klungkung, Nyoman Renin Senin (22/8).


Nyoman Renin juga berjanji ke depan akan berupaya untuk memperbaiki kualitas air yang didistribusikan ke masyarakat dari sumber mata air Penida. (*)

 

 

Berita lainnya di Berita Klungkung

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved