Berita Klungkung

Seluruh Desa di Klungkung Ditarget Miliki TPST Pada 2023

TPS3R akan dibangun di tiga desa di Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Bali

Istimewa
Pembangunan TPST di tiga desa di Klungkung - Seluruh Desa di Klungkung Ditarget Miliki TPST Pada 2023 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle ( TPS3R) akhirnya dibangun di tiga desa di Kecamatan Banjarangkan, yakni di Desa Tihingan, Desa Getakan, dan Desa Bakas.

Pemkab pun menargetkan pada tahun 2023, setiap desa di Klungkung, Bali, harus sudah memiliki tempat pengolahan sampah.

Klungkung'>Bupati  Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan, sampai saat ini sudah ada 44 desa di Klungkung yang memiliki TPST atau di Klungkung dikenal dengan istilah tempat olah sampah setempat ( TOSS).

Ia menargetkan, tahun 2023 nanti seluruh desa di Klungkung harus sudah memiliki TPST/TOSS.

Baca juga: TOSS Klungkung Jadi Role Model Pengelolaan Sampah di APKASI

Suwirta juga meminta desa adat dan desa dinas harus berkolaborasi dengan baik, untuk mensosialisasikan dan menyadarkan masyarakat memilah sampah dari sumbernya.

Agar masyarakat sadar memilah sampah dari rumah dengan jadwal pembuangan yang disesuaikan dengan Kabupaten sehingga serentak.

"Kuatkan kesadaran masyarakat memilah sampah. Tidak ada yang susah, tidak ada yang tidak bisa, terus bergerak. Mari kita pilah sampah dari sumbernya agar sampah itu segera bisa kita tuntaskan. Sosialisasi pemilahan sampah dari rumah harus mulai dilakukan dari sekarang, pemilahan dari sumberlah yang paling utama, semua bergerak melakukan sosialisasi pemilahan sampah, Sehingga jika TPS3R ini nanti sudah selesai pembangunannya, maka sampah yang masuk ke TPS3R sudah dipilah langsung oleh warga,” jelas Suwirta, Minggu 28 Agustus 2022.

Adapun Pembangunan TPS3R Desa Tihingan menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp 600 juta dengan luas tanah 1 are dibangun lantai 2 dan dikerjakan selama 180 hari kalender.

Pembangunan TPS3R Desa Getakan menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp 600 juta dengan luas tanah 10 are dikerjakan selama 180 hari kalender.

Serta pembangunan TPS3R Desa Bakas menggunakan dana dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR sebesar Rp 600 juta dengan luas tanah 2 are dikerjakan selama 180 hari kalender. (*)

Pembangunan TPST di tiga desa di Klungkung - Seluruh Desa di Klungkung Ditarget Miliki TPST Pada 2023
Pembangunan TPST di tiga desa di Klungkung - Seluruh Desa di Klungkung Ditarget Miliki TPST Pada 2023 (Istimewa)

Kumpulan Artikel Klungkung

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved