Harga BBM

PERTALITE Dinilai Lebih Boros dan Cepat Habis Sejak Alami Kenaikan Harga, Ini Penjelasan Pertamina

Masyarakat mengeluhkan BBM berjenis Pertalite dinilai lebih cepat borong dan cepat habis sejak mengalami kenaikan harga oleh pemerintah.

KOMPAS.com/STANLY RAVEL
BBM Subsidi Pertalite. Masyarakat mengeluhkan BBM berjenis Pertalite dinilai lebih cepat borong dan cepat habis sejak mengalami kenaikan harga oleh pemerintah pada Septemeber 2022 bulan lalu. 

TRIBUN-BALI.COM – PERTALITE Dinilai Lebih Boros dan Cepat Habis Sejak Alamai Kenaikan Harga, Ini Penjelasan Pertamina.

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berjenis Pertalite dan Solar resmi mengalami perubahan harga per 1 September 2022 kemarin.

Namun, setelah mengalami kenaikan, banyak masyarakat yang mengeluh soal Pertalite yang dinilai lebih boros ketimbang belum mengalami o kenaikan harga sebelum,nya.

Hal tersebut pun disampaikan oleh salah satu penggunakan Twitter bernama @RomitsuT.

Menurutnya, akibat borosnya pertalite, ia bahkan harus mengisi BBM 2 kali dalam sehari.

“Mohon maaf, terpaksa saya harus katakan apa yg saya alami soal BBM Pertalite setelah kenaikan harga jadi 10.000.

Bukan saja beban biaya bertambah 200-300rb/bln namun ada yg terasa aneh dimana pertalite nya kok cepat habis? Bahkan sekarang 1 hari saya harus isi 2x,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Selama 3 Bulan, 975 Nelayan Buleleng Akan Diberi BLT BBM dari APBD

Dalam unggahan ini terdapat tangkapan layar percakapan WhatsApp yang menanyakan hal serupa dan mendapatkan jawaban yang sama-sama menyetujui anggapan tersebut.

Sejumlah warganet merasakan dan meyakini jika pemakaian BBM Pertalite jadi lebih boros dan cepat habis setelah harganya naik. 

“Iya saya juga merasakan hal yang sama. Pertalite ini Ron 90 tapi kok kayak Ron 88?” tulis salah satu akun.

“Kyknya nilai Oktan/RON nya diturunin. Jadi pembakaran tidak sempurna, tenaga mesin turun, akhirnya ngegas makin dalam biar tenaganya kayak pertalite waktu belum naik. Mungkin loh ya, bisa saja salah,” ujar akun yang lain.

“Cepet habis ya, biasa 10rb dapet 1,4 ltr sekarang cuma 1 liter, jarak yg ditempuh tetap sama, ya iyalah cepet habis biasanya 10rb dapet 1,4 sekarang 10rb dapet 1ltr,” ujar salah satu akun.

Pertamina Buka Suara

Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina (Persera) mengungkapkan jika kualitas BBM jenis Pertalite (RON 90) tidak berubah dan masih sesuai dengan aturan pemerintah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved