Berita Internasional

Presiden China Xi Jinping Dirumorkan Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, PLA Disebut Mulai Bergerak

Presiden China, Xi Jinping dikabarkan menjadi tahanan rumah usai disebut telah dikudeta.

via Kompas.com
Presiden China Xi Jinping yang mengenakan pakaian Mao Zedong, pendiri China modern, bertepuk tangan di samping mantan Presiden Jiang Zemin dalam perayaan 70 tahun berkuasanya partai komunis di Lapangan Tiananmen pada Selasa, 1 Oktober 2019. Presiden China Xi Jinping Dirumorkan Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, PLA Disebut Mulai Bergerak 

TRIBUN-BALI.COM Presiden China Xi Jinping Dirumorkan Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, PLA Disebut Mulai Bergerak.

Presiden China, Xi Jinping dikabarkan menjadi tahanan rumah usai disebut telah dikudeta.

Hal tersebut pun membuat gempar jagat dunia maya, terumata media sosial Twitter.

Nama Xi Jinping pun masuk menjadi trending topik Twitter.

Menurut sejumlah postingan di media sosial negara Tirai Bambu itu, Xi Jinping telah dicopot dari posisinya sebagai Kepala Tentara Pembebasan China (PLA).

Dikutip dari Newsweek, Minggu 25 September 2022, Xi dan frasa # ChinaCoup menjadi buah bibir di media sosial setelah puluhan ribu pengguna menyebarkan desas-desus yang belum dikonfirmasi kebenarannya mengenai presiden Xi Jinping yang ditahan dan digulingkan oleh Tentara Pembebasan Rakyat China.

Spekulasi ini semakin menguat setelah tidak ada penerbangan komersial yang terbang di atas ibu kota Beijing pada hari Sabtu 24 September 2022, dengan laporan yang belum diverifikasi mengklaim semua kereta api dan bus juga dibatalkan dari Beijing.

Baca juga: YILING PHARMACEUTICAL Memajukan Obat Tradisional China Selama Tiga Dekade

Sementara itu, situs web Bandara Ibukota Beijing memang menunjukkan bahwa beberapa penerbangan keluar dari ibu kota China telah dibatalkan, tapi banyak juga yang masih terjadwal atau sudah mendarat.

"Rumor baru yang harus diperiksa, Apakah Xi Jinping di bawah tahanan rumah di Beijing? Ketika Xi berada di Samarkand baru-baru ini, para pemimpin dari Partai Komunis China seharusnya telah mencopot Xi dari penanggung jawab Angkatan Darat Partai. Kemudian tahanan rumah menyusul,” tweet Subramanian Swamy, politisi India.

Mantan pejabat Departemen Pertahanan untuk China, Taiwan dan Mongolia, Drew Thompson menggambarkan desas-desus itu sebagai "kebohongan belaka"

"Rumor bahwa Xi Jinping telah ditangkap memiliki alasan karena ini adalah momen politik yang sensitif di China,” tulis Thompson.

"Diskusi terbuka tentang oposisi terhadap Xi membuat desas-desus itu masuk akal. Meskipun kurangnya bukti bahwa Xi menghadapi oposisi internal, tetapi spekulasi tetap ada,” imbuhnya.

Presiden China Xi Jinping masuk ke dalam trending topik Twitter terkait laporan yang tidak berdasar bahwa dia berada di bawah tahanan rumah dan bahwa China berada di tengah kudeta militer.
Presiden China Xi Jinping masuk ke dalam trending topik Twitter terkait laporan yang tidak berdasar bahwa dia berada di bawah tahanan rumah dan bahwa China berada di tengah kudeta militer. (AFP)

Di samping itu, Frida Ghitis, mantan koresponden CNN, juga menepis "rumor liar" yang keluar dari China.

"Media sosial ramai dengan klaim bahwa telah terjadi kudeta di China, bahwa Xi Jinping berada di bawah tahanan rumah. Tetapi tidak ada bukti bahwa ini benar,” ujar Ghitis.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved