Liga 1

Thomas Doll Wajib Waspada Jelang Persib vs Persija, Kelemahan Ini Bisa Dieksploitasi Luis Milla

Pelatih Thomas Doll harus ekstra waspada jelang laga El Classico Liga 1 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta lusa, Minggu 2 Oktober 2022.

Editor: Ady Sucipto
Bolasport.com
Ilustrasi laga el clasico antara Persib Bandung vs Persija Jakarta 

TRIBUN-BALI.COM – Pelatih Thomas Doll harus ekstra waspada jelang laga El Classico Liga 1 antara Persib Bandung vs Persija Jakarta lusa, Minggu 2 Oktober 2022.

Pasalnya, satu kelemahan Macan Kemayoran bisa saja dimanfaatkan oleh para pemain cepat Luis Milla di laga El Classico Liga 1 jilid satu Persib Bandung vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Jawa Barat.

Kelemahan yang dimaksud di skuat Thomas Doll adalah postur jangkung para pemain bertahan Persija yang rawan dieksploitasi oleh kecepatan pemain sayap Persib.

Baca juga: Ini Kekhawatiran Djajang Nurdjaman Jelang Laga Bali United Vs Persikabo 1973, Singgung Kualitas Tim

Menilik beberapa pertandingan terakhir, Persija Jakarta bersama Thomas Doll kerap mengandalkan skema tiga bek sejajar ketika menggunakan formasi 3-4-3 maupun 5-3-2.

Akan tetapi, tiga bek sejajar yang diterapkan oleh Persija Jakarta punya postur tinggi dan rawan menjadi boomerang ketika menghadapi pemain cepat milik Persib Bandung.

Jika kedua sisi bek sayap Persija Jakarta tak kokoh, bukan menutup kemungkinan ketiga bek Macan Kemayoran yang diprediksi diisi oleh Ondrej Kudela, Hansamu Yama dan Hanif Sjahbandi atau Ryuji Utomo bakal kewalahan.

Sebut saja Febri Hariyadi, Ciro Alves, hingga Frets Butuan diprediksi bakal jadi senjata Persib Bandung untuk bombardir menara-menara tangguh lini belakang Persija Jakarta.

Selain itu, sosok David da Silva juga berpotensi jadi momok bagi lini belakang Persija Jakarta karena determinasi dan tusukannya yang bisa saja beri kecohan untuk Ondrej Kudela dkk.

Dengan adanya potensi itu, maka  Thomas Doll harus memasang kedua bek sayap Persija Jakarta yang memiliki karakter bertahan kuat dan bisa melakukan counter attack cepat.

Mengingat, para winger Persib Bandung berpotensi banyak bombardir dari sisi sayap pertahanan dengan tusukan dan akselerasinya.

Pemain Persija Jakarta Ondrej Kudela ketika melakukan pemanasan sebelum laga melawan RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu 20 Agustus 2022. Di laga ini, Ondrej Kudela mengalami cedera setalah mendapatkan sikutan dari Arthur Bonai yang diganjar kartu kuning dari wasit.
Pemain Persija Jakarta Ondrej Kudela ketika melakukan pemanasan sebelum laga melawan RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu 20 Agustus 2022. Di laga ini, Ondrej Kudela mengalami cedera setalah mendapatkan sikutan dari Arthur Bonai yang diganjar kartu kuning dari wasit. (dok ist/kolase Tribun Bali/twitter@Persija_Jkt)

Dua bek sayap yang bisa diandalkan Persija Jakarta untuk bendung agresivitas winger Persib Bandung agar tak langsung berhadapan dengan tiga tembok kokohnya adalah Rio Fahmi dan Firza Andhika.

Dua komposisi itu bisa jadi opsi memungkinkan mengingat Riko SImanjuntak yang kerap bermain di sisi bek sayap kanan tak memiliki kemampuan bertahan apik.

Selain memperkuat di kedua posisi bek sayap,  Thomas Doll juga bisa menambah kekuatan sejak lini tengah dengan memasang gelandang breaker agresif seperti Resky Fandi atau Tony Sucipto.

Hal itu diperuntukkan untuk menghentikan serangan Persib Bandung sejak lini tengah agar tak terlalu masuk jauh ke pertahanan Persija Jakarta.

Halaman
123
Sumber: TribunWow.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved