Berita Bali

Pendaftaran Bakal Calon DPD RI Pemilu 2024, Minimal 2000 Dukungan dari 5 Kabupaten/Kota di Bali

Pendaftaran bakal calon DPD RI Pemilu 2024, minimal 2000 dukungan dari 5 Kabupaten/Kota di Bali.

Tribun Bali/ Ida Bagus Putu Mahendra
Foto bersama antara KPU Bali dengan para undangan usai sosialisasi KPU Bali tentang penyerahan dan verifikasi persyaratan minimal dukungan pemilih bakal calon Anggota DPD RI Pemilu 2024 di Prime Plaza Hotel, Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pendaftaran bakal calon DPD RI Pemilu 2024 membutuhkan minimal dukungan sebanyak 2000 pemilih dalam bentuk fotokopi KTP Elektronik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan saat ditemui Tribun Bali dalam acara sosialisasi penyerahan dan verifikasi berkas pendaftaran bakal calon DPD RI Pemilu 2024 di Prime Plaza Hotel pada Selasa 29 November 2022.

Agung Lidartawan menuturkan, jumlah minimal dukungan pemilih untuk pendaftaran bakal calon DPD RI pada Pemilu 2024 sebanyak 2.000 pemilih.

Nantinya, 2.000 pemilih tersebut harus tersebar di minimal 5 kabupaten/kota di Bali.

“Iya 2000 pemilih dan tersebar di minimal 5 kabupaten/kota se-Bali,” ucap Agung Lidartawan, Ketua KPU Bali.

Nantinya, para bakal calon Anggota DPD RI Pemilu 2024 mengumpulkan dukungan pemilih dalam bentuk softcopy dan hardcopy.

Hardcopy KTP Elektronik dikumpulkan langsung ke KPU Bali.

Sedangkan softcopy KTP Elektronik akan diunggah ke dalam aplikasi SILON (Sistem Informasi Pencalonan) KPU RI.

“Langsung mendaftar ke KPU. Bawa softcopy satu, hardcopy satu. Dan softcopynya itu dalam bentuk SILON nanti,” ucap Ketua KPU Bali saat ditemui Tribun Bali pada Selasa 29 November 2022.

Baca juga: Pendaftaran Calon DPD RI Lewat Aplikasi SILON, Kandidat Butuh Minimal 2.000 Dukungan Pemilih

Ditanya soal siapa saja yang akan bertarung memperebutkan kursi DPD RI, Agung Lidartawan belum dapat memastikannya.

Kepastian soal kandidat yang akan memperebutkan kursi DPD RI akan diketahui saat penyerahan berkas pendaftaran pada 16 Desember 2022 sampai dengan 29 Desember 2022.

“Belum, nanti setelah tanggal penyampaian dukungan dari 16 (Desember 2022) sampai 29 (Desember 2022), disitu baru kita tau siapa saja yang mendaftar,” ujarnya.

Sosialisasi yang dimulai pukul 14.00 WITA tersebut guna memberikan pemahaman soal syarat pendaftaran bakal calon Anggota DPD RI kepada masyarakat.

Agung Lidartawan menuturkan, dengan dilakukannya sosialisasi tersebut, diharapkan masyarakat yang berminat menjadi Anggota DPD RI untuk segera memenuhi persyaratan.

“Sekarang kesempatan buat mereka karena sudah tau syaratnya apa, bagaimana caranya, model formulir sudah ada. Tinggal kerja sekarang,” pungkas Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan saat ditemui Tribun Bali di Prime Plaza Hotel pada Selasa 29 November 2022.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved