Berita Bali

Polantas Polda Bali yang Nekat Menilang Secara Manual Akan Dipanggil Propam

Masyarakat dapat melapor ke Polda Bali jika mendapati petugas Kepolisian yang nekat melakukan tilang secara manual.

Tribun Bali/Ida Bagus Putu Mahendra
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto. Sebut petugas yang menggelar tilang manual akan dipanggil Bidpropam Polda Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Polda Bali sampaikan penjelasannya soal petugas Kepolisian yang nekat menilang pelanggar lalu lintas secara manual.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto saat ditemui awak media pada Rabu 30 November 2022.

Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto menuturkan, masyarakat dapat melapor ke Polda Bali jika mendapati petugas Kepolisian melakukan tilang secara manual.

Pasalnya, pelarangan menggelar tilang secara manual telah diatur dalam surat telegram Kapolri yang diterbitkan pada 18 Oktober 2022 lalu.

“Iya itu (tilang manual) dilaporkan aja. Jadi Bapak Kapolri sudah menyampaikan untuk sementara ini, tidak ada penilangan secara manual, yang ada adalah penilangan secara elektronik,” ucap Kabid Humas Polda Bali.

Nantinya, petugas yang diduga melakukan penilangan manual akan diperiksa oleh Bidpropam Polda Bali.

Dari hasil pemeriksaan Bid Propam Polda Bali, petugas yang bersangkutan akan dinilai soal tindakannya.

“Apabila ada petugas yang melakukan penilangan di jalan secara manual, mungkin dulu akan dievaluasi oleh pihak Propam ya.

“Terkait tentang apa yang dilakukan. Nanti disana ada penilaian,” jelas Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.

Baca juga: Denpasar Diguyur Hujan, Ini Imbauan BPBD Denpasar dan Ditpolairud Polda Bali saat Cuaca Ekstrem

Ia bahkan menuturkan, petugas yang bersangkutan akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan Kepolisian.

“Setidaknya pasti akan diberi sanksi. Kepolisian itu kan ada sanksi kode disiplin, ada sanksi kode etik apabila ada petugas tidak mematuhi aturan, ataupun mematuhi perintah,” pungkas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto di Kubu Kopi, Denpasar pada Rabu 30 November 2022.

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Bali, Kompol Rahmawati Ismail menjelaskan, Polda Bali kini memiliki 10 kamera ETLE statis dan 39 kamera ETLE mobile handheld.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribun Bali dari Kompol Rahmawati Ismail pada Senin 28 November 2022 lalu, lokasi 10 kamera ETLE statis berada di Kota Denpasar hingga Kabupaten Badung.

Adapun 10 lokasi ETLE statis diantaranya :

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved