Pilpres 2024

Poltracking Indonesia: Ganjar Pranowo Tertinggal, Anies Baswedan Raih Nilai Elektabilitas Tertinggi

Hasil survei Poltracking Indonesia mengungkapkan fakta baru soal pandangan masyarakat soal calon presiden di Pemilu 2024 mendatang

Tribunnews/Naufal Lanten
Grafik tingkat elektabilitas survei Poltracking Indoensia untuk Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Poltracking Indonesia: Ganjar Pranowo Tertinggal, Anies Baswedan Raih Nilai Elektabilitas Tertinggi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Hasil survei Poltracking Indonesia mengungkapkan fakta baru soal pandangan masyarakat soal calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Dalam temuannya, Poltracking Indonesia mendapatkan hasil elektabilitas yang mengejutkan saat Anies Baswedan berhasil meraih nilai elektabilitas tertinggi hampir dua kali lipat dari Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, banyak survei independen yang menunjukkan Ganjar Pranowo menjadi nama yang paling tinggi mendapatkan dukungan, namun sepertinya saat ini data menunjukan dinamisme yang berbeda.

Survei Poltracking Indonesia yang dilakukan di 5 Provinsi di Pulau Jawa tersebut, berhasil menunjukan nama Anies Baswedan berhasil melampaui Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Baca juga: Loyalis Ganjar Desak Erick Thohir Jadi Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo, FGR: Hampir Sama

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan dari 20 nama bakal capres tersebut,  Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi 3 nama dengan raihan tertinggi.

“Jadi mengerucut di tiga nama itu di Jakarta. Ini yang simulasi tiga besar, tiga nama terkuat tidak hanya di Indonesia tapi juga di Jakarta,” kata Hanta Yuda pada Kamis 15 Desember 2022.

Secara rinci, Anies Baswedan mendapat angka 49,6 persen di Jakarta.

Disusul Ganjar Pranowo 27,5 persen dan Prabowo Subianto 15,7 persen.

Hanta Yuda juga mengungkapkan kalau hasil survey ini merupakan potret elektoral calon presiden di ibu kota Jakarta.

“Ini adalah potret elektoral bakal calon presiden di ibu kota Jakarta. Sementara bisa dilihat sebagai mantan gubernur, Pak Anies cukup kuat, dominan secara elektoral di Jakarta,” tuturnya.

Selain tiga besar tersebut, nama-nama lain yang memiliki tingkat elektoral di bawah 5 persen di Jakarta.

Baca juga: Ganjar Pranowo Kembali Jemput Puan Maharani, Pengamat: Kesolidan Partai Jauh Lebih Penting

Mereka diantaranya ialah Ridwan Kamil 3,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,3 persen, Erick Thohir 1,7 persen, Sandiaga Uno 1,4 persen.

Kemudian ada Puan Maharani, Khofifah Indar Parawansa, Andika Perkasa persen, Airlangga Hartarto kompak berada di angka 0,6 persen.

Selanjutnya Ahmad Heryawan 0,3 persen dan Luhut Binsar Panjaitan 0,2 persen.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved