Berita Jembrana

Kapolda Minta Personel Pantau Arus Lalu Lintas, Arus Mudik & Balik Nataru Diprediksi Meningkat Jauh

Kapolda Minta Personel Pantau Arus Lalulintas Jalur Nasional, Arus Mudik dan Balik Nataru Diprediksi Meningkat Jauh

Tribun Bali/ I Made Prasetia
Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra didampingi Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana saat memberikan keterangan terkait pengamanan Nataru, Selasa 20 Desember 2022. 

NEGARA, TRIBUN BALI - Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali menjadi prioritas pengamanan saat perayaan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain penebalan personel pengamanan, juga telah disiagakan personel untuk mengantisipasi bencan alam bekerjasama dengan BPBD hingga SAR.

Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, Pelabuhan Gilimanuk adalah pintu gerbang masuk Bali. Sehingga, untuk mengantisipasi menjadi prioritas pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru

"Intinya ini menjadi tanggung jawab bersama bagaimana membuat mereka yang datang ke Bali aman, nyaman dan bahagia. Apalagi, jumlah masyarakat atau wisatawan yang datang ke Bali pasti meningkat dibandingkan masa pandemi setahun dua tahun lalu," kata Irjen Jayan Danu didampingi Kapolres Jembrana, AKPB I Dewa Gde Juliana usai meresmikan rumah susun di Polres Jembrana, Selasa 20 Desember 2022.

Irjen Jayan Danu menyebutkan, dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2022 ini pihaknya akan mengerahkan seluruh personel Polda Bali dengan jumlah sekitar 1.800 orang. Khusus di Jembrana, sebanyak 166 personel bakal melakukan pengamanan sesuai skema yang sudah direncanakan. 

"Nanti ada kekuatan yang kita geser juga. Kemudian akan dibantu atau dibackup oleh Batalyon Brimob Gilimanuk," tegasnya. 

Menurut Kapolda Bali, situasi lalulintas yang padat nantinya agar menjadi atensi khusus. Selain itu, juga diharapkan cuaca mendukung sehingga tidak ada lagi bencana alam di Jembrana pada Oktober 2022 lalu yang mengakibatkan akses lalulintas jalur nasional Denpasar-Gilimanuk terganggu. Untuk peralatan, nantinya perlengkapan dari SAR akan disiagakan untuk mendukung operasi pengamanan dan keselamat tersebut. 

"Kita juga libatkan BPBD dan SAR beserta alat pendukung untuk siap siaga menghadapi bencana alam," tegasnya.

Irjen Jayan Danu juga menekankan terhadap arus lalulintas terutama arus mudik dan arus balik Nataru 2022 ini. Selama proses tersebut, personel kepolisian di Jembrana agar memantau dan mengatur lalulintas dengan baik. 

"Tentunya lalulintas. Arus yang begitu banyak perlu diatur dengan baik. Personel di sepanjang rute harus disiapkan," tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved