Pemilu 2024

PKPI Resmi Tak Lolos Pemilu 2024, Ngakan Putra Bersiap Pindah Partai

PKPI secara resmi dinyatakan tidak lolos Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ketua PKPI Gianyar, Ngakan Ketut Putra pun bersiap pindah partai.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Ngakan Ketut Putra memperlihatkan surat Ketua Umum PKPI terkait membebaskan kader pindah ke partai lain di Sekretariat DPRD Gianyar, Kamis 19 Januari 2023 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - PKPI secara resmi dinyatakan tidak lolos Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua Umum PKPI pun telah mengirimkan surat pada kader-kadernya di daerah, Rabu 18 Januari 2023 pukul 15.00 Wita.

Pada intinya, surat tersebut membebaskan kadar PKPI untuk pindah ke partai lain jika ingin maju pada Pileg 2024 dan tidak akan mem-PAW-kan mereka.

Namun dengan catatan tetap menaati AD/ART atau peraturan PKPI selama kader tersebut masih menjadi legislator PKPI.

Baca juga: Dewan Gianyar Iuran Belikan Kopling Saat Sidak ke Dinas Damkar Gianyar, Simak Beritanya!


"Bagi anggota legislatif yang ingin pindah partai untuk pencalonan di Pemilu 2024, DPN PKPI tak melakukan pergantian antar waktu. Kecuali tak memenuhi kewajibannya dan melanggar aturan partai," demikian isi surat yang tulis Ketua Umum PKPI, Mayjen (Purn) Yussuf Solidhien yang diterima Tribun Bali,  Kamis 19 Januari 2023.


Ketua PKPI Gianyar, Ngakan Ketut Putra, yang saat ini menjabat Ketua Fraksi Indonesia Raya DPRD Gianyar membenarkan hal tersebut.

Baca juga: HUT PDIP : Penghijauan Bakal Dilaksanakan di Bali, Struktur Partai Daerah Tunggu Petunjuk DPD

Pihaknya menerima surat dari pimpinan pusat pada Rabu sore kemarin. Kata dia, pimpinan PKPI memang memberikan kebebasan kader partai untuk pindah ke partai lain tanpa mem-PAW-kan mereka yang masih duduk di legislatif. 


"Anggota logislatif apabila berkeinginan mencalonkan diri dengan partai lain, tidak akan pernah dilakukan PAW. Artinya diberikan kebebasan selama mereka mengikuti AD/ART partai," ujar Ngakan Putra saat ditemui di Sekretariat DPRD Gianyar.

Baca juga: Tahun Politik Harus Gembira, Menparekraf Justru Pemilu 2024 Sebut Bagus Untuk Pariwisata

Menyikapi hal tersebut, politikus Dapil Gianyar ini menyatakan akan berlabuh ke pantai lain. Sebab konstituennya masih menghendaki dirinya agar duduk kembali di DPRD Gianyar pada 2024.

Diapun mengatakan bahwa sejumlah pengurus partai telah mendekatinya. Di antaranya, Partai Nasdem, PSI, Perindo, dan Demokrat.


Demokrat sendiri merupakan partai yang sempat dibesarkan Ngakan Putra di Gianyar. Dimana ia merupaka  Ketua Demokrat pertama di Gianyar.

Baca juga: KPU Denpasar Akan Klarifikasi 9 Data Ganda Bakal Calon Anggota DPD RI Pemilu 2024

"Saya dikontak untuk gabung ke beberapa partai itu. Bahkan Demokrat menawarkan nomor urut 1. Yang mengontak saya itu bukan pengurus lokal, tapi orang pusatnya langsung," ujar Ngakan Putra sembari memperlihatkan jejak kontak di-hp-nya.


Ngakan Putra pun menegaskan bahwa dirinya sangat berat meninggalkan PKPI.

Sebab PKPI  memiliki sejarah sendiri bagi dirinya. Sebab selama dua periode di DPRD Gianyar, ia menggunakan kendaraan PKPI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved