Berita Buleleng

KPU Buleleng, Bali, Buka Seleksi Calon PPK, Sudah Didaftar 120 Orang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan, hingga saat ini tercatat sudah ada 120 orang yang mendaftar sebagai PPK.

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng mulai membuka seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 mendatang.

Pendaftaran dibuka selama 9 hari, terhitung sejak Minggu 20 November 2022 hingga Selasa 29 November 2022. 

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana ditemui Rabu 23 November 2022 mengatakan, hingga saat ini tercatat sudah ada 120 orang yang mendaftar sebagai PPK.

Jumlah ini diakui Dudhi cukup banyak, namun ini menjadi kabar baik bagi KPU Buleleng. Artinya, tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu cukup tinggi.

"Dalam penyelenggaraan Pemilu memang diharapkan masyarakat ikut berperan aktif sebagai penyelenggara," katanya. 

120 orang yang melamar itu hampir tersebar merata di 9 Kecamatan yang ada di Buleleng. Namun khusus untuk Kecamatan Seririt, hingga saat ini diakui Dudhi baru didaftar oleh dua orang calon PPK.

Dalam rekrutmen calon PPK, Dudhi menambahkan tidak ada batasan periode. Sehingga masyarakat yang sebelumnya sempat menjadi anggota PPK di Pemilu sebelumnya, kini dipersilahkan untuk mendaftar kembali. 

"Masing-masing kecamatan itu minimal ada 10 orang yang berhasil lolos dalam seleksi. Kalau bisa lebih, lebih bagus lagi. Rekrutmen ini tentu ada sayarat 30 persen perempuan. Dari 120 orang yang mendaftar kami lihat sudah banyak perempuan yang mendaftar, setiap kecamatan sudah ada," terangnya. 

Baca juga: KPU Denpasar Akan Rekrut 20 Personel PPK Pemilu 2024, Simak Dokumen dan Persyaratannya

Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya ialah pelaksanaan tes dengan Computer Assisted Test (CAT), yang rencananya akan dilaksanakan di SMK 2 Singaraja.

"Kami sudah melakulan penjajagan ke SMK 2 Singaraja, disana ada 120 unit komputer. Cukup lah untuk tes para pelamar, tinggal di sesuaikan saja jadwal dan gelombangnya," tandasnya. (rtu) 
 
 

Berita Terkini