TribunBali/
Home »

Bali

Gunung Agung Terkini

VIDEO Asap Tebal Berwarna Abu Keluar dari Kawah Gunung Agung Terlihat Jelas, Begini Penjelasan PVMBG

Masyarakat tetap direkomendasikan agar tidak mendekati gunung agung dengan radius 9 km, ditambah dengan perluasan sektoral 12 km

VIDEO Asap Tebal Berwarna Abu Keluar dari Kawah Gunung Agung Terlihat Jelas, Begini Penjelasan PVMBG
Facebook / Sigit Purwono
Gunung Agung Dari Bukit Bunyang, Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali. Gambar ini diambil pada Sabtu (7/10/2017) 

TRIBUN-BALI.COM - Asap tebal berwarna abu tampak mengepul dari kawah Gunung Agung, Sabtu (7/10/2017) pagi pukul 06.06 wita.

Kepulan asap yang diduga bercampur uap air ini terlihat jelas dari rekaman video real-time yang diambil oleh akun Sigit Purwono dari Desa Datah, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali.

Baca: Gempa 3,2 SR di Gunung Agung Kembali Terasa, PVMBG : Kita Harus Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Baca: Mengenal Gunung Batur, Perwujudan ‘Perempuan’ Dari Gunung Agung, Dipercaya Sebagai Lingga Buana

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi, Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika, belum berani menyimpulkan apakah asap dari kawah gunung Agung yang terekam itu berwarna hitam.

"Nanti kami konfirmasi lagi siangnya. Takutnya itu hanya efek cahaya saja," kata Suantika saat diwawancara di Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Karangasem.

Suantika mengatakan, saat ini status gunung Agung masih level IV awas.

Itu sebabnya, masyarakat tetap direkomendasikan agar tidak mendekati gunung agung dengan radius 9 km, ditambah dengan perluasan sektoral 12 km dari barat daya, selatan, tenggara, timur laut, dan Utara.

"Tingkat aktivitas ini dicirikan oleh tingkat kegempaannya masih di level tinggi tadi malam 600 kali. Kemarin indikatornya kan gempa tektonik lokal yang agak dalam, vulkanik dalam dan vulkanik dangkal," jelas Suantika.

Berdasarkan data yang dirilis PVMBG terkait hasil pengamatan gunung Agung periode 00.00-06.00 wita, jumlah kegempaan yang tercatat sebagai berikut:

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help